Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar

 Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar - Tidak bisa dipungkiri lagi kalau ikan cupang bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan, dengan modal kecil saja sobat sudah bisa memulai budidaya ikan cupang. Sudah banyak sekali contoh petani ikan cupang sukses yang bisa dijadikan pedoman.

Sebenarnya budidaya ikan cupang tidaklah sulit, hanya saja butuh ketelatenan dan kesabaran yang tinggi agar sobat dapat berhasil. Dan juga, dengan semakin banyaknya persaingan antar peternak membuat sobat harus bisa menghasilkan ikan cupang kualitas baik dan strain baru agar usaha budidaya ikan cupang sobat berhasil dan dikenal banyak orang. 

Sebelum melangkah jauh untuk menghasilkan strain baru dan ikan cupang kualitas super, saya rasa sobat harus mengetahui terlebih dahulu cara budidaya yang benar agar sobat tidak gagal dalam memulai membudidayanya.

Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar


Berikut adalah cara budidaya ikan cupang yang baik dan benar versi cupang sehat

Tutorial Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar

1. Sediakan aquarium besar yang bersih.

2. Isi air bersih ke dalam wadah aquarium, isi hanya sampai setengah aquarium saja.

3. Tambahkan garam ikan cupang 1/4 genggaman saja.

4. Masukkan 3 lembar daun ketapang yang sudah diolah, caranya baca disini : Cara pengolahan daun ketapang

5. Masukkan plastik transparan untuk tempat busa, letakkan diatas permukaan air dan biarkan mengambang. Dianjurkan untuk menggunakan plastik ukuran 1/4 kilogram.

6. Pilih induk cupang berkualitas baik yang sama besar dan sama-sama berumur 6 bulan.


8. Setelah tahap penjodohan masukkan betina kedalam wadah pemijahan, masukkan secara perlahan agar ikan cupang tidak stres.

9. Letakkan wadah pemijahan ke tempat sepi yang tidak berisik, agar ikan cupang tidak terganggu.

10. Tutup wadah atas.

11. Berikan makan secukupnya secara rutin, usahakan untuk tidak terlalu banyak dalampemberian pakan agar tempat pemijahan tidak kotor dan bauk yang akan mengakibatkan kematian pada calon burayak ikan cupang.

12. Tunggu 2x24 jam.

13. Jangan terlalu sering di intip agar ikan cupang tidak terganggu.

14. Setelah itu, lihat apakah ikan cupang sudah bertelur atau belum. Kalau belum mungkin penyebabnya adalah sebagai berikut : Penyebab ikan cupang tidak mau bertelur dan solusinya.

15. Setelah bertelur angkat ikan cupang betina. Lalu rawat agar bisa dikawinkan lagi dengan cepat. caranya sebagi berikut : Cara agar betina ikan cupang cepat berbuah telur.

16. Setelah itu tunggu telur ikan cupang menetas lalu pisahkan pejantan dari burayak, tutorial lengkapnya ada disini : Kapan induk cupang jantan dipisahkan dari burayak setelah menetas.

17. Setelah burayak sudah cukup mahir berenang,pindahkan burayak kedalam wadah pembesaran. Wadah pembesaran bisa menggunakan ember atau aquarium ukuran besar, bisa juga menggunakan styrofoam bekas wadah kulkas. Sebelum burayak dimasukkan ada baiknya air di endapkan terlebih dahulu menggunakan daun ketapang selama 1 hari.

18. Selanjutnya beri makan burayak secara rutin, untuk selengkapnya baca disini : Cara agar burayak cepat besar.

19. Setelah burayak sudah cukup besar dan warnanya belum keluar atau masih cello, berikut cara agar warnanya cepat naik : Cara menaikkan warna ikan cupang.

20. Setelah ikan cupang sudah berumur 3 bulan lebih, ikan cupang sudah siap dijual dengan harga yang sesuai dengan kualitasnya.


Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar


Demikianlah artikel tentang cara budidaya ikan cupang yang baik dan benar, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat yang sedang memulai ternak budidaya ikan cupang. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : Makanan terbaik ikan cupang hias

Post a Comment for "Cara Budidaya Ikan Cupang Yang Baik Dan Benar"