Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjodohkan Ikan Cupang Agar Mau Kawin Dengan Cepat

Cara menjodohkan ikan cupang agar mau kawin

Cara Menjodohkan Ikan Cupang Agar Mau Kawin - Halo sobat cupang, kali ini Cupang Sehat akan memberikan tips cara menjodohkan ikan cupang agar mau kawin. Untuk sebagian penghobi pemula biasanya mengawinkan ikan cupang dengan cara memasukkan langsung ikan cupang jantan dan betina dalam satu wadah, memang terkadang berhasil namun lebih sering hal tersebut menjadi gagal karena ikan cupang tidak jodoh. 

Perjodohan ikan cupang penting untuk dilakukan agar proses kawin tidak terlalu lama, tanpa perjodohan sering terjadi perkelahian terlalu lama yang biasanya menyebabkan tubuh ikan cupang menjadi luka luka dan siripnya koyak. Jadi proses perjodohan ikan cupang itu penting untuk dilakukan. Berikut hal yang perlu sobat lakukan agar perjodohan dan pemijahan ikan cupang berhasil.

Alat Dan Bahan Yang Digunakan :

1. Aquarium atau Wadah

Gunakan aquarium dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, karena kalau terlalu besar ikan cupang akan sulit bertemu. Gunakan wadah atau aquarium ukuran minimal 30cm x 15 cm.

2. Gelas Kaca

Gelas kaca yang transparan berguna untuk agar ikan cupang bisa saling melihat dan untuk memisahkan pejantan dan betina.

3. Plastik Bening

Plastik bening berguna untuk tempat ikan cupang meletakkan gelembung untuk tempat telur agar tetap berada di permukaan dan juga fungsi plastik bening agar kita dapat melihat dan memonitor telur ikan cupang tersebut.

Cara Menjodohkan

1. Yang pertama harus dilakukan adalah memasukkan ikan cupang jantan terlebih dahulu ke dalam aquarium atau wadah, biarkan selama 15 menit agar ikan cupang beradaptasi dengan lingkungan baru.

2. Setelah 15 menit masukkan ikan cupang betina kedalam aquarium atau wadah bersama gelas transparan yang tadi.

3. Letakkan wadah ditempat yang sepi dan tidak banyak aktivitas agar ikan cupang bisa tenang dan proses perjodohan bisa berjalan lancar.

4. Biarkan selama 2-3 hari sembari tetap diberi makan secukupnya. Semakin lama akan semakin bagus agar ikan cupang merasa klop dengan pasangannya.

Tanda Ikan Berjodoh

Tanda ikan berjodoh yaitu timbul gelembung udara yang banyak di atas permukaan air, ikan cupang jantan yang siap kawin akan membuat gelembung-gelembung udara yang berguna untuk tempatmenempelkan telur dan juga menjadi pegangan untuk burayak setelah menetas nanti. Biasanya ikan cupang jantan meletakkan gelembung tepat dibawah plastik bening. Jika sudah muncul tanda tersebut segera gabungkan ikan cupang jantan dan betina untuk proses perkawinan.

Itulah cara menjodohkan ikan cupang agar mau kawin versi cupangsehat.blogspot.com, semoga dengan artikel ini dapat membantu sobat dalam menjodohkan ikan cupang. Baca juga Cara Mengeluarkan Warna Ikan Cupang dan cara memberi makan burayak cupang dengan kuning telur

Post a Comment for "Cara Menjodohkan Ikan Cupang Agar Mau Kawin Dengan Cepat"