Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Bertelur Dan Solusinya

penyebab ikan cupang tidak mau bertelur

Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Bertelur Dan Solusinya - Halo sobat cupang sehat, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang kenapa sih ikan cupang tidak mau bertelur? Pasti sebagian pemula sering mengalami hal ini. Sudah capek-capek melakukan persiapan pemijahan mulai dari pemilihan indukan sampai dengan perjodohan eh malah gagal karena setelah disatukan ikan cupang tidak mau kawin dan bertelur. Pasti kesel kan rasanya. Jadi untuk mengobati rasa kesel dan penasaran sobat berikut adalah penyebab ikan cupang gagal bertelur.

Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Bertelur

1. Indukan Ikan Cupang Belum Siap Kawin

Hal pertama faktor dan penyebab ikan cupang tidak mau kawin dan bertelur adalah indukan ikan cupang yang belum siap kawin. Itu karena umurnya masih terlalu muda. Jadi pastikan indukan ikan cupang sobat sudah benar-benar matang ya sebelum melakukan pemijahan. Kalau sobat belum terlalu tahu cara pemijahan yang baik dan benar bisa baca disini : cara beternak ikan cupang untuk pemula langsung bisa

2. Indukan Ikan Cupang Sakit Atau Tidak Sehat

Selain faktor kesiapan umur ikan cupang, faktor lain yang bisa membuat kegagalan bertelur adalah indukan ikan cupang sobat yang sedang dalam kondisi sakit. Jadi pastikan terlebih dahulu kondisi ikan cupang sobat sebelum melakukan pemijahan ya. 

3. Area Lingkungan Tempat Pemijahan Berisik Dan Tidak Nyaman

Hal yang sepele namun bisa menyebabkan kegagalan ikan cupang untuk bertelur saat pemijahan adalah lingkungan atau tempat pemijahan ikan cupang yang berisik dan mengganggu kenyaman ikan cupang. Hindari area lingkungan yang sering digunakan manusia untuk beraktifitas, seperti dapur dan kamar mandi, hal ini karena suara dan getaran yang dihasilkan dari aktifitas tersebut sangat mengganggu kenyamanan ikan cupang.

4. Terlalu Sering Diganggu Pada Saat Pemijahan

Dan terakhir yang paling sering terjadi dan kesalahan utama para pemula yang baru pertama kali mengawinkan atau memijahkan ikan cupang yaitu terlalu sering mengganggu proses kawin ikan cupang. Terlalu sering membuka tempat pemijahan dan mengintip membuat ikan cupang merasa tidak nyaman dan akhirnya gagal. Buatlah tempat pemijahan senyaman mungkin dan kalaupun memberi makan usahakan untuk selalu berlahan-lahan agar tidak membuat gelombang yang besar di permukaan air ikan cupang. 

Demikianlah artikel tentang penyebab ikan cupang tidak mau bertelur beserta solusinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan untuk sobat. Terima kasih. Baca juga : cara merawat ikan cupang agar cepat besar dan cantik

Post a Comment for "Penyebab Ikan Cupang Tidak Mau Bertelur Dan Solusinya"