Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dan Cantik

cara merawat ikan cupang agar cepat besar dan cantik

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dan Cantik - Pasti hampir semua orang yang memelihara ikan cupang berusaha merawatnya dengan baik, karena sangat ingin supaya ikan cupangnya cepat besar dan cantik. Apalagi kalau ikan cupang tersebut adalah hasil ternak sendiri, semangatnya akan bertambah berkali-kali lipat dan berusaha dirawat dari burayak sampai besar. Ditambah lagi ikan cupang hasil ternakan sendiri itu bisa dijual dan bisa jadi lahan bisnis. Tapi tidaklah mudah merawat ikan cupang dari burayak sampai besar, butuh ketelatenan dan kesabaran yang luar biasa. Apalagi buat pemula yang baru terjun ke dunia ikan cupang, tapi kalau mau berusaha saya yakin pasti bisa.

Kalau sobat sudah memiliki niat untuk menumbuhkan tekad dan usaha yang kuat, blog cupang sehat akan memberikan tips cara merawat ikan cupang sampai besar dan juga sampai mempunyai nilai ekonomis. Berikut adalah tipsnya :

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dan Cantik

1. Hal yang paling penting dalam pemeliharaan dan perawatan ikan cupang yang baik adalah air. Usahakan untuk selalu mengendapkan terlebih dahulu air untuk tempat hidup ikan cupang selama 1 hari. Apalagi kalau sobat menggunakan air PAM. Hal ini bertujuan agar ikan cupang tidak stress dengan kondisi air yang seperti itu, dengan melakukan pengendapan air selama sehari menjadikan kondisi air tersebut sama seperti kondisi air di habitat ikan cupang yang sebenarnya.

2. Gunakan selalu garam ikan sebagai campuran untuk air ikan cupang, hal ini bertujuan agar ikan cupang tidak terserang penyakit kulit. Garam ikan bisa di beli di toko ikan hias di sekitar rumah sobat dengan harga kurang lebih 10 ribuan.

3. Selanjutnya hal yang harus dilakukan dalam perawatan ikan cupang yang baik adalah dengan menambahkan daun ketapang di dalam air. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan pH air yang baik untuk ikan cupang, fungsi lain daun ketapang untuk ikan cupang adalah untuk mempercepat ikan cupang mengeluarkan warna. Apalagi ikan cupang jenis koi dan fancy yang memiliki kombinasi banyak warna. Tapi lebih baik lagi jika daun ketapang tersebut sudah diolah terlebih dahulu, cara pengolahannya dapat dilihat disini : cara pengolahan daun ketapang untuk ikan cupang

4. Selanjutnya adalah selalu menggunakan obat biru atau methylene blue di campuran air ikan cupang, sama seperti garam ikan fungsi methylene blue untuk ikan cupang adalah untuk mencegah dan mengobati ikan cupang yang sakit.

5. Menggunakan soliter atau wadah cupang yang besar. Penempatan di soliter yang kecil akan menghambat pertumbuhan ikan cupang. Usahakan tempatkan ikan cupang di soliter yang membuatnya mudah bergerak.

6. Untuk penggantian air sobat bisa menerka dan melihat kondisi air masih bagus atau tidak, kalau kira-kira sudah banyak kotoran sobat bisa mengganti air ataupun menyedot kotorannya keluar. Jangan terlalu cepat mengganti air ikan cupang karena akan menyebabkan ikan cupang tersebut stress. Umumnya jangka waktu pergantian air ikan cupang adalah 1 minggu. Tips juga untuk sobat, kalau ikan cupang sobat mengeluarkan banyak gelembung di air tersebut, berarti tanda bahwa ikan cupang tersebut masih nyaman dengan kondisi air tersebut.

7. Pemberian makan adalah salah satu hal yang paling penting dalam perawatan ikan cupang yang baik agar cepat besar dan memiliki warna yang cantik, pastikan untuk selalu memberikan ikan cupang sobat pakan hidup seperti kutu air, jentik nyamuk, atau kalau sobat sedang malas dan tidak ingin repot-repot bisa membeli cacing sutra di toko ikan hias. Sobat juga bisa memberi makan ikan cupang menggunakan pelet, tapi jangan terlalu banyak. Jadikan pelet sebagai selingan pakan hidup. Dan satu hal lagi untuk jangka waktu pemberian makan ikan cupang yang baik adalah 1 kali sehari di pagi hari, hal ini guna mencegah agar air ikan cupang tersebut tidak kotor karena sisa-sisa makanan ikan cupang tersebut yang tidak habis. Beri makan ikan secukupnya saja, jika terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan ikan cupang, sebaliknya juga jika terlalu sedikit tidak baik untuk perkembangan ikan cupang tersebut. Artikel lain yang mungkin sobat tertarik : Perbedaan ikan cupang koi dan fancy

8. Terakhir adalah menjemur ikan cupang di pagi hari. Bukan hanya manusia saja yang membutuhkan matahari pagi, ikan cupang juga. Untuk itu, usahakan untuk selalu menjemur ikan cupang di pagi hari antara jam 7 sampai jam 10.

Demikianlah artikel tentang cara merawat ikan cupang agar cepat besar dan cantik, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : cara menilai ikan cupang bagus atau jelek

Post a Comment for "Cara Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dan Cantik"