Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Ikan Cupang Tidak Butuh Oksigen Dari Aerator?

Kenapa Ikan Cupang Tidak Butuh Oksigen Dari Aerator?Saat anda membeli akuarium pasti ada beberapa peralatan penunjang agar ikan tidak mudah mati, salah satunya adalah aerator. Aerator merupakan sebuah alat/mesin dengan fungsi untuk memproduksi gelembung udara, fungsinya  memproduksi tambahan oksigen dalam aquarium.

Cukup banyak masyarakat pecinta ikan yang kerap bertanya jika ikan hias bisa hidup tidak menggunakan aerator? Ternyata ada beberapa jenis ikan hias yang bisa hidup di akuarium tanpa tambahan oksigen, salah satunya adalah ikan cupang. Lantas kenapa ikan cupang tidak butuh oksigen dari aerator? Nah untuk menjawab pertanyaan ini mari kita simak lebih lanjut ulasan yang telah blog cupang sehat rangkum di bawah ini!

Kenapa Ikan Cupang Tidak Butuh Oksigen Dari Aerator
Instagram : bettatangsel.id


Kenapa Ikan Cupang Tidak Butuh Oksigen Dari Aerator?

Seperti halnya manusia, ikan serta organisme air juga membutuhkan oksigen bagi kehidupannya. Walaupun ikan tak memiliki paru-paru, mereka bisa memperoleh oksigen dari insangnya. Namun, cupang tergolong unik karena selain punya insang juga memiliki organ labirin. Jadi walaupun mereka sangat mengandalkan insang, mereka mempunyai cara lain untuk memperoleh oksigen.

Cupang memang butuh oksigen, namun tak seperti ikan jenis lainnya. Cupang dapat mengekstraksi oksigen baik melalui air atau udara. Ada sebagian ikan yang tak butuh akses ke udara. Sementara ikan lain butuh air dengan kandungan oksigen tinggi untuk bisa bertahan hidup, namun tidak untuk ikan cupang.

Ikan cupang memiliki organ labirin yang merupakan perluasan dari insang. Nanti labirin ini digunakan untuk fungsi menyimpan oksigen cadangan, dengan begitu ikan cupang dapat bertahan dalam kondisi di mana ikan cupang kekurangan oksigen.

Apa Itu Organ Labirin?

Organ labirin seperti sepasang paru-paru primitif. Labirin merupakan nama alat pernafasan tambahan, dengan bentuk lipatan epithelium nafas. Organ tambahan ini berupa turunan yang berasal dari lembar insang ke satu. Organ ini berada pada bagian belakang atau atas insang. Dengan adanya organ ini ikan cupang dapat bertahan hidup pada daerah perairan yang memiliki sedikit kandungan oksigen terlarut. Dengan syarat permukaan perairan tersebut memiliki udara bebas.

Ikan cupang merupakan jenis ikan yang berasal dari perairan wilayah tropis dengan temperatur relatif hangat. Ikan ini biasa hidup di lingkungan sungai,  rawa-rawa atau sawah. Ikan cupang ini memiliki labirin jadi akan mudah untuk melakukan adaptasi dengan macam-macam kondisi air, beserta lingkungan serta mempunyai daya tahan yang baik. Udara ditampung pada rongga labirin ketika akan muncul pada permukaan.

Cupang tak hanya bergantung pada organ ini saja, namun mereka juga bisa memakai organ ini kapan saja mereka mau. Cupang relatif tidak mengandalkan sepenuhnya pada organ apa pun, jadi mereka harus bisa mengakses atmosfer dan air.

Peran Insang Pada Cupang

Insang merupakan alat pernapasan yang terdapat pada organisme air, salah satunya adalah ikan cupang. Fungsi utama dari insang ikan yakni mengekstrak oksigen di mana oksigen tersebut larut di dalam air dan juga mengeluarkan karbondioksida.

Sistem pernapasan ikan memakai insang yang terletak pada sisi kiri dan kanan kepala ikan. Pada saat bernapas, ikan membuka mulut dan menutup insangnya. Saat itu oksigen masuk melalui mulut menuju insang, kemudian oksigen diserap oleh pembuluh darah yang terletak di dalam insang.

Tiap lembaran insang ikan itu terdiri atas sepasang filamen, juga banyak memiliki kandungan lamela /  lapisan tipis. Pada filamen itu ada pembuluh darah yang mengandung kapiler jadi dapat memungkinkan terjadinya proses pertukaran antara oksigen dan karbondioksida.

Jadi dari pertanyaan kenapaikan cupang tidak butuh oksigen dari aerator? Karena ikan cupang bisa mendapatkan oksigen selain dari insang juga dari organ labirin yang terdapat pada ikan. Sehingga anda tak perlu menambahkan aerator pada akuarium pun tak masalah. Semoga setelah membaca artikel ini menambah wawasan bagi anda. Baca juga : Tanaman Air Yang Bagus Untuk Pembesaran Ikan Cupang.


Post a Comment for "Kenapa Ikan Cupang Tidak Butuh Oksigen Dari Aerator?"