Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melebarkan Sirip Ekor Dan Dorsal Ikan Cupang Serta Tips Merawat Ikan Cupang Sakit

Cara Melebarkan Sirip Ekor Dan Dorsal Ikan Cupang Serta Tips Merawat Ikan Cupang SakitIkan cupang sering dijadikan ikan hias karena tubuhnya yang mungil serta warnanya yang cantik. Bentuk siripnya yang panjang menjuntai dapat berlenggak-lenggok saat berenang terutama pada sirip, dada, ekor dan punggung. Agar dapat memperoleh cupang dengan kualitas warna serta bentuk yang indah butuh waktu perawatan yang tidak singkat.

Anda perlu tau cara melebarkan sirip ekor dan dorsal ikan cupang. Karena kedua bagian tersebut cukup panjang dan rentan akan kerusakan, maka butuh proses perawatan yang tepat. Serta bagaimana merawat cupang yang sakit? Berikut kita simak ulasannya lebih lanjut di bawah ini!


Cara Melebarkan Sirip Ekor Dan Dorsal Ikan Cupang Serta Tips Merawat Ikan Cupang Sakit
Instagram : criandopeixesbettas

10 Cara melebarkan sirip ekor dan dorsal ikan cupang yakni :

Kualitas air

Mengganti air setiap harinya penting bagi anda lakukan. Air bersih secara otomatis bisa memicu perkembangan ekor ikan.

 

2.     Memberikan garam

Garam bermanfaat untuk menyeimbangkan tekanan osmosis di tubuh ikan, menyembuhkan luka serta menstabilkan tubuh ikan yang disebabkan proses metabolisme tak berfungsi dengan baik. Pemberian garam untuk 1 liter air cukup 10 gram.

 

3.     Beri daun ketapang

Pemberian daun ketapang kering berguna sebagai antibiotik alami yang membantu ikan untuk menyembuhkan beragam luka bahkan ekor yang sobek. Selain itu daun ketapang juga berfungsi menjaga pH air agar tetap normal.

 

4.     Berikan pakan bergizi

Pakan bergizi serta nutrisi yang seimbang akan membuat ekor ikan memanjang dengan baik, contohnya pakan jentik nyamuk.

 

5.     Ketika ekor rusak

Proses penyembuhan sekitar 1-2 minggu tergantung seberapa parah ekor yang rusak. Ketika sirip ekor rusak butuh waktu hingga berbulan-bulan untuk dapat sembuh dengan sempurna. Jika perlu tambahkan metil biru dalam air.

 

6.     Pilih benih ikan cupang kualitas unggul

Pilih ikan dengan ekor lebar dan baris tebal, jangan yang tipis karena mudah terkena penyakit. Jika bisa pilih dengan bentuk ekor 180o, karena perkembangan ekor perlu waktu yang lama.

 

7.     Pilih cupang dengan ekor yang rapi

Bentuk baris ekor cupang harus sama dan rapi. Posisi ekor dengan badan ikan harus seimbang di tengah bukan menjulur ke atas.

 

8.     Badan ikan yang sempurna

Pilih ikan yang memiliki badan besar, tetapi jangan memanjang. Karena saat ikan tumbuh besar antara sirip dan ekor akan terdapat celah sehingga kurang padat.

 

9.     Supaya warna ekor ikan cantik dan rapi

Pilih ikan yang keras pada bagian siripnya dan tidak punya ekor transparan. Saat memilih warna dasar ikan usahakan warna pada ekor dan sirip terlihat sempurna.

 

10.  Solusi mencegah ekor rusak saat berenang

Tutup akuarium agar menghindari ikan berenang di atas permukaan air. Serta hindari bermain dengan kemungkinan ekor melebar, karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada ikan.

Tips cara merawat ikan cupang ketika sakit

A.    Alat dan bahan :

·     Siapkan ½ liter air

·     Garam dapur 2 sdm

·     Methaline blue 5 tetes

·     Tetra clor 5 kapsul

·     Pomat 1 mg

B.    Cara Penggunaan :

·     Campur semua bahan dalam botol air mineral ½ liter dan aduk rata

·     Pada botol air mineral, lubangi tutupnya lalu masukkan selang

·     Teteskan Air dalam botol mineral sebanyak 2 tetes untuk setiap akuarium

Demikian ulasan mengenai 10 cara melebarkan sirip ekor dan dorsal ikan cupang, serta tips cara merawat ikan cupang yang sakit. Semoga setelah membaca artikel ini anda dapat mempraktekannya di rumah. Supaya sirip ikan cupang anda terlihat cantik dan rapi. Selamat mencoba! Baca juga : Manfaat eceng gondok untuk ikan cupang.

Post a Comment for "Cara Melebarkan Sirip Ekor Dan Dorsal Ikan Cupang Serta Tips Merawat Ikan Cupang Sakit"