Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanaman Air Yang Bagus Untuk Pembesaran Ikan Cupang

Tanaman Air Yang Bagus Untuk Pembesaran Ikan Cupang - Tanaman air adalah salah satu hal penting yang harus para pecinta ikan cupang tahu untuk perawatan ikan cupang sehari-hari. Ada banyak sekali jenis tanaman air yang ada sekarang ini, namun tidak semuanya bisa digunakan sebagai bahan pendukung dalam perawatan ikan cupang. Kalau sampai sobat salah dalam memilih tanaman air akibatnya bisa fatal dan dapat beresiko membuat ikan cupang sobat sakit bahkan mati.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini blog cupang sehat akan membahas tanaman air apa saja sih yang bisa digunakan untuk perawatan ikan cupang sehari-hari dan dapat membantu proses pembesaran ikan cupang. Namun sebelum itu sobat harus ketahui terlebih dahulu fungsi tanaman air untuk ikan cupang. 

Fungsi Tanaman Air Untuk Ikan Cupang

  1. Tanaman air dapat menyerap limbah atau kotoran yang dihasilkan oleh ikan cupang.
  2. Tanaman air dapat menghasilkan oksigen yang baik untuk ikan cupang.
  3. Tanaman air dapat menghambat dan mencegah tumbuhnya lumut/alga.
  4. Tanaman air bisa menjadi rumah tempat perlindungan ikan cupang seperti di habitat alam liarnya.

Berikut adalah tanaman air yang bagus untuk pertumbuhan ikan cupang yang telah kami rangkum dibawah ini :

Tanaman Air Yang Bagus Untuk Pembesaran Ikan Cupang

Mata Lele

Tanaman yang bernama latin Azolla Pinnata ini berukuran sangat kecil, ukuran daunnya seukuran seperempat ukuran kuku jari manusia. Mata lele bisa sobat jumpai di rawa-rawa, dengan pertumbuhan yang sangat cepat jika diletakkan dibawah sinar matahari dan pasokan air mencukupi. 

Ukurannya yang kecil dan akarnya yang tidak terlalu banyak membuat mata lele menjadi favorit para peternak ikan cupang, karena sangat bagus jika diletakkan di kolam pembesaran butrayak ikan cupang.


mata lele untuk ikan cupang
instagram : acquasaur


Kiambang

Kiambang memiliki nama latin Pistia stratiotes, Memiliki bentuk yang hampir mirip dengan mata lele namun dengan ukuran yang jauh lebih besar. Di daerah tertentu di Indonesia tanaman ini disebut dengan apu-apu. Kiambang dapat tumbuh dengan cepat jika diletakkan di kolam dan di bawah sinar matahari langsung. 

Bentuk akar kiambang lebih banyak dari panjang mata lele, karena hal itu banyak makhluk hidup lain yang hidup disekitar akar kiambang ini yang bisa digunakan sebagai pakan burayak ikan cupang. Untuk hasil yang optimal sobat harus rajin mengecek dan memotong akar dari kiambang ini agar tidak mencelakai burayak ikan cupang yang berlindung dibawahnya.


Kiambang untuk ikan cupang
instagram : ezrahakimi

Eceng Gondok

Dibandingkan dengan mata lele atau kiambang mungkin tanaman ini yang paling populer di mata sobat karena tanaman ini biasa juga digunakan di kolam jenis lain seperti lele, dan sebagainya. Selain itu tanaman ini juga bisa digunakan menjadi barang-barang tertentu. 

Nama latin tanaman ini adalah Eichhornia Crassipes dengan ciri-ciri batang membulat dan daun yang melebar. Meskipun tanaman ini bisa juga digunakan sebagai tanaman yang membantu pembesaran ikan cupang namun tanaman ini juga mempunyai kekurangan, yaitu akarnya yang sangat lebat dan menjulang kebawah sehingga jika buruyak masuk kedalam sela-sela akarnya burayak tersebut bisa mati.

Sama seperti kiambang, jika sobat menggunakan eceng gondok ini sobat harus rajin-rajin memotong akarnya agar tidak mengganggu pergerakan ikan cupang.


eceng gondok untuk ikan cupang
instagram : yukari_daily


Demikianlah artikel tentang tanaman air yang bagus untuk pembesaran ikan cupang, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat yang sedang mencari informasi tentang pembesaran ikan cupang. Terima kasih. Baca juga : Cara menyilangkan warna ikan cupang.





Post a Comment for "Tanaman Air Yang Bagus Untuk Pembesaran Ikan Cupang"