Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kiambang (Apu-Apu) Untuk Ikan Cupang

Manfaat Kiambang (Apu-Apu) Untuk Ikan Cupang - Halo sobat cupang, gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya. Terutama di masa pandemi ini, semoga kita selalu senantiasa dilindungi oleh Tuhan yang Maha Esa. Dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang manfaat tanaman Kiambang atau juga biasa disebut dengan apu-apu untuk ikan cupang. 

Menurut wikipedia apu-apu adalah tanaman sejenis pakis yang hidup di permukaan air, keunikan dari apu-apu ini adalah sisi atas daun mengambang, yang tampak menghadap poros batang. Tumbuhan ini perkembangannya bisa sangat cepat bila mendapatkan suplai makanan yang baik hanya dengan satu buah kiambang saja dalam beberapa minggu bisa memnuhi kolam sobat.. 

Apu-apu sangat baik untuk ikan cupang, fungsinya sangat banyak sekali dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan perawatan ikan cupang. Berikut adalah manfaat tumbuhan kiambang atau apu-apu untuk ikan cupang yang telah blog cupang sehat rangkum agar lebih mudah dipahami :


Manfaat Kiambang (Apu-Apu) Untuk Ikan Cupang
instagram : mahenrayantonurwan


Manfaat Kiambang  (Apu-Apu) Untuk Ikan Cupang

1. Membuat air Menjadi Bening

Apu-apu mampu menyerap kotoran di permukaan air sehingga air menjadi bening dan bersih, hal ini tentu sangat baik untuk ikan cupang. Karena sama-sama kita ketahui kebersihan air adalah salah satu faktor utama agar ikan cupang tetap sehat dan pertumbuhannya tidak terganggu sehingga proses pembesaran bisa menjadi lebih cepat.

2. Sumber Makanan

Selanjutnya manfaat lain dari tanaman ini adalah bisa menjadi sumber makanan untuk ikan cupang terutama yang masih burayak. Di akar dan daun apu-apu adalah tempat hidupnya binatang-binatang kecil yang tentunya bisa menjadi sumber makanan untuk cupang. Seperti di alam liar, ikan cupang juga memakan binatang-binatang kecil lainnya tidak melulu jentik nyamuk ataupun cacing. 

Burayak yang masih berumur dibawah 1 bulan tentu bisa memakan makanan yang biasa kita berikan ke ikan cupang dewasa, dan bila di sekitar tempat tinggal sobat sulit untuk mendapatkan kutu air ataupun sobat belum mampu untuk membeli artemia sepertinya tanaman apu-apu sedikit banyak akan bisa membantu untuk meminimalisir angka kematian pada burayak.

3. Bisa Mneyerap Unsur Logam

Air dengan unsur logam tentunya bukan hanya tidak baik untuk manusia tapi juga tidak baik untuk ikan cupang, jika sobat menggunakan air yang mengandung unsur logam untuk perawatan ikan cupang sehari-hari tumbuhan ini dapat menyerap dan menetralisirkannya sehingga sobat tidak perlu was-was lagi akan kualitas air.

4. Tempat Berlindung

Panas sinar matahari memang sangat baik untuk ikan cupang, dengan mendapatkan suplai sinar matahari setiap hari akan meningkatkan kekebalan tubuh ikan cupang dan menjaga kesehatannya. Namun kalau sepanjang hari terkena sinar matahari tentu bukanlah hal baik, karena sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan baik. Kalau kolam pembesaraan burayak sobat ada di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung tumbuhan apu-apu ini sangatlah sobat perlukan sebagai tampat berlindung burayak ikan cupang sobat, dan juga menjaga suhu air agar tetap stabil dan nyaman untuk si burayak tersebut. 

5. Menyerap Unsur Bahan Kimia Lain

Kalau air tempat tinggal cupang sobat tercampur dengan bahan kimia lain seperti kaporit, dll. Bukan hanya logam, apu-apu sedikit banyak mampu menyerap hal tersebut dan menetralisirkan air. 


Membersihkan Kiambang Sebelum Digunakan

Bagi beberapa peternak membersihkan kiambang adalah wajib hukumnya sebelum digunakan dan di masukkan ke kolam ikan cupang. Itu karena kemungkinan ada zat-zat racun berbahaya yangmenmpel di tanaman tersebut yang bisa membuat ikan cupang mati dan keracunan. Berikut adalah cara membersihkan kiambang sebelum digunakan :
  1. Siapkan wadah secukupnya yang sesuai dengan jumlah kiambang tersebut.
  2. Masukkan air bersih
  3. Berikan methylene blue, sobat bisa membelinya di toko ikan hias.
  4. Lalu masukkan kiambang dan buang kotoran yang menempel di akar dan daun kiambang tersebut.

Demikianlah artikel tentang manfaat dari tanaman kiambang (Apu-Apu) untuk ikan cupang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan sobat tentang perawatan ikan cupang yang baik. Baca juga : Apakah ikan cupang bisa dicampur dengan ikan hias lain? 

Post a Comment for "Manfaat Kiambang (Apu-Apu) Untuk Ikan Cupang"