Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Aquascape Kecil Untuk Ikan Cupang

Cara Membuat Aquascape Kecil Untuk Ikan CupangAdanya akuarium yang berisi ikan hias dapat menjadi dekorasi nan cantik di rumah anda. Apalagi jika dibuat dengan konsep aquascape yang secara khusus dirancang layaknya habitat asli ikan di perairan laut. Dengan begitu suasana rumah anda akan terasa lebih asri dan hidup.

Cara membuat aquascape kecil untuk ikan cupang milik anda ternyata tidak terlalu sulit. Cara ini bisa dibilang mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun serta tidak membutuhkan biaya yang terlalu mahal. Yuk kita simak informasinya lebih lanjut yang telah cupang sehat rangkum dibawah ini!


Cara Membuat Aquascape Kecil Untuk Ikan Cupang
Instagram : aquascape.insp


Cara membuat Aquascape Kecil Untuk Ikan Cupang, Langkah-Langkahnya Sebagai Berikut:

1.     Siapkanlah alat serta bahan yang dibutuhkan, yakni:

·       Akuarium mini/ soliter

·       Pasir silika

·       Bebatuan

·       Pupuk

·       Spons

·       Pipa dan filter undergravel

·       Selang

·       Aerator

·       Lampu

·       Aneka Tumbuhan

Anda dapat memperoleh alat dan bahan tersebut di toko ikan dengan harga yang masih terjangkau. Bahkan anda bisa memakai akuarium bekas sebagai tempah aquascape. Baca juga : Apakah Ikan Cupang Bisa Dicampur Dengan Hias Lain

2.     Membuat Dasar Aquascape

·       Siapkan akuarium dengan ukuran sesuai kebutuhan anda. Masukkan tatakan undergravel dan pasang pipa. Kemudian masukkan spons di atasnya hingga menutupi dasar akuarium.

·       Taburkan pasir silika hingga menutupi dasar akuarium. Ketebalan ideal pasir yang ditaburkan di permukaan sekitar 2-3cm. Sedangkan pada bagian pinggir lebih tebal pasir yang ditaburkan. Dan pada bagian tengah pasir dibuat melekuk.

·       Masukkan pupuk pada bagian tengah akuarium yang mempunyai dasar ketebalan pasir lebih tipis.

 

3.     Hias Akuarium Dengan Bebatuan

·       Ini merupakan tahap yang paling penting, anda bisa memulai menghias akuarium dengan menyusun bebatuan secara menarik agar tampak indah

 

4.     Penanaman Tumbuhan Air

·       Setelah dasar selesai, masukkan air kira-kira mencapai 30% dari tinggi akuarium. Hal itu berguna untuk mempermudah proses penanaman tumbuhan air ke dalam akuarium. Pastikan tumbuhan air tertancap pada lapisan pasir yang ada pupuk di bawahnya.

·       Jenis tumbuhan yang biasa digunakan adalah cabomba, rumput air, spatterdock, valisneria dan lainnya. Perlu diperhatikan jika tidak semua tumbuhan cocok digunakan. 

·       Jika sudah selesai lalu masukkan air secara perlahan, agar tidak membuat keruh dasar akuarium.

·       Gunakan alas saat menyiram air seperti spons atau kemasan bekas air mineral yang sudah diberi lubang di sisinya.

 

5.     Tahap Akhir

·       Isi air secukupnya hingga merendam tumbuhan air dan tempat hidup ikan. Jangan lupa sisakan 5 sampai 10 cm pada bagian atas akuarium yang terbebas dari air.

·       Kemudian anda bisa memasang peralatan pendukung lainnya seperti lampu atau pompa pada bagian atas akuarium. Hal ini berguna agar sirkulasi udara serta cahaya yang dibutuhkan ikan dapat tercukupi.

·       Di bagian dasar pasang aerator pada pipa undergravel.

·       Tunggu dulu hingga airnya menjadi jernih, jangan memasukkan ikan dulu.

·       Bila sudah jernih lalu nyalakan aerator, kemudian anda bisa memasukkan ikan cupang ke dalamnya.


Perawatan Aquascape

Sebenarnya dalam proses perawatan aquascape anda tak perlu membongkar atau mengeluarkan isinya. Anda cukup mengganti air jika sudah terlihat kotor karena debu atau kotoran lainnya.  Selain itu anda perlu memberikan pupuk secara rutin setiap 3 hari sekali, itu berguna sebagai nutrisi yang diperlukan oleh tumbuhan.

Demikian ulasan mengenai cara membuat aquascape kecil untuk ikan cupang. Agar aquascape tetap tampak  indah dan menawan, maka perlu dilakukan perawatan yang baik pula. Anda bisa mencoba melakukannya di rumah. Selain itu biaya yang dikeluarkan juga masih terjangkau dan tidak akan menguras kantong anda. Selamat mencoba! Baca juga : Kenapa Ikan Cupang Tidak Butuh Oksigen Dari Aerator.

Post a Comment for "Cara Membuat Aquascape Kecil Untuk Ikan Cupang"