Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Cupang Yang Paling Laris Dan Sering Diekspor Keluar Negeri

Jenis Cupang Yang Paling Laris Dan Sering Diekspor Keluar Negeri - Ikan cupang saat ini adalah salah satu jenis ikan hias yang paling diminati oleh penghobi ikan hias di seluruh dunia, karena ikan cupang memiliki bentuk dan warna yang unik dari pada jenis ikan yang lain. Ikan yang berhabitat di air tawar ini juga tidak terlalu sulit dalam hal perawatan, sehingga pemilik tidak harus terlalu memeras keringat dan meluangkan banyak waktu untuk perawatan ikan ini,

Dari segi harga ikan ini bisa dibilang lumayan mahal dengan catatan kondisi ikan cupang itu dalam keadaan bagus dan sehat, beberapa hal yang membuat ikan cupang dihargai mahal yaitu dilihat dari bentuk sirip ekor, warna, dan jenis ikan cupang itu sendiri. Ada banyak sekali jenis ikan cupang yang ada di dunia saat ini, dan yang paling populer diantaranya yaitu jenis halfmoon, plakat, serit, dan masih banyak lagi.

Saat ini sudah  banyak orang yang menjadikan ikan cupang sebagai lahan bisnis dan usaha, mulai dari berjualan di depan sekolah bahkan beberapa diantaranya sudah melakukan export keluar negeri. Namun tahu tidak sobat ikan cupang apa saja sih yang paling diminati dan paling laris saat ini? ikan apasaja yang paling berpotensi untuk diekspor keluar negeri? atau ikan cupang cupang apa yang mempunyai nilai harga jual paling mahal saat ini? Berikut blog cupang sehat akan memberikan informasi tantang jenis ikan cupang yang paling laris dan sering diexpor keluar negeri.

Jenis Cupang Yang Paling Laris Dan Sering Diekspor Keluar Negeri


1. Ikan Cupang Multicolor

Jenis cupang yang paling laris dan sering diekspor keluar negeri


Yang pertama adalah ikan cupang jenis multi color (banyak warna). Menurut salah satu peternak ikan cupang yang ada di Indonesia jenis ikan cupang multicolor adalah jenis ikan cupang yang paling banyak ditanya oleh buyer betta lovers luar negeri. Ikan cupang ini mulai pertama kali muncul kepermukaan dan dikenal oleh banyak orang pada tahun 2018, dan sampai sekarang jenis ikan cupang ini adalah ikan cupang yang paling banyak dikembangkan oleh para peternak ikan cupang yang ada di Indonesia. 

Karena memiliki warna yang sangat variatif, cupang multi color adalah salah satu jenis cupang yang paling diminati sampai sekarang. tidak hanya para penghobi ikan cupang yang ada di Indonesia saja, bahkan sampai penghobi ikan cupang di luar negeri juga. Ikan cupang multicolor sebenarnya memiliki banyak jenis seperti koi, candy, nemo dan masih banyak lagi. namun saya menyebutnya multi color agar lebih mudah dan ringkas dalam pembahasannya.

Selain itu ikan cupang multicolor adalah ikan cupang yang memiliki harga paling stabil dipasaran dibandingkan dengan ikan cupang jenis lain seperti contohnya ikan cupang blue rim yang pada pertama kali kemunculannya ikan blue rim dihargai dengan sangat tinggi, namun pada saat ini ikan cupang blue rim dihargai dengan sangat murah berbanding sangat jauh dari harga pada saat hypenya. Untuk itu para peternak sekarang hanya menjadikan ikan cupang blue rim sebagai ikan cupang crossingan saja.

2. Ikan Cupang Avatar

Jenis cupang yang paling laris dan sering diekspor keluar negeri

Selanjutnya adalah Ikan cupang avatar, ikan cupang avatar adalah jenis ikan cupang original asli hasil peternak Indonesia. Pada saat ikan ini pertama kali muncul ikan ini memiliki harga yang sangat fantastis yaitu mencapai 4 - 5 juta rupiah, Walau pada saat ini cupang avatar telah mengalami penurunan harga, namun cupang avatar tetap masih bisa menjadi andalan berbisnis sobat. 

Selain menarik minat para pencinta ikan cupang di Indonesia cupang avatar juga menarik minat para pecinta ikan cupang diluar negeri sob, salah satunya adalah negara tetangga kita yaitu Thailand karena salah satu negara tujuan ekspor cupang avatar terbanyak adalah ke negara Thailand.

3. Ikan Cupang Fancy Cooper

Jenis cupang yang paling laris dan sering diekspor keluar negeri

Jenis ikan cupang ini memang terlihat paling monoton dan membosankan dibanding 2 jenis ikan cupang yang saya sebutkan diatas namun sobat jangan salah sangka terlebih dahulu karena pada kenyataannya fancy cooper mampu stabil dipasaran ikan cupang Indonesia maupun di luar negeri. Salah satu negara peminat fancy cooper terbesar adalah Malaysia, banyak sekali breeder maupun sekedar penghobi ikan cupang di negara jiran Malaysia yang sangat tertarik dan membeli ikan cupang ini dari Indonesia. 

Dengan kepala botak, sisik tebal dan pola startail sepertinya ikan ini cukup untuk memikat pengkoleksi ikan cupang yang ada di dunia. Tidak sedikit pula para peternak yang ada Indonesia mengcrossing atau kawin silang fancy cooper dengan jenis ikan cupang lain seperti dengan avatar ataupun multi color. Sehingga varian jenis ikan cupang fancy cooper semakin banyak lagi. 

Itulah 3 jenis ikan cupang yang paling diminati dipasaran indonmesia maupun luar negeri, buat sobat yang belum memiliki salah satu atau bahkan ketiga jenis ikan cupang diatas mungkin bisa dicoba terlebih dahulu. Dengan begitu mungkin jualannya akan lebih laris, omzet bertambah, dan bisnis ikan cupangnya semakin sukses. 


Demikianlah artikel tentang jenis cupang yang paling laris dan paling sering dieskpor keluar negeri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat yang mungkin sedang mencari ide bisnis ikan cupang. Selamat mencoba, semoga berhasil, dan semoga sukses selalu. Baca juga : Cara kultur Daphnia Magna

Post a Comment for "Jenis Cupang Yang Paling Laris Dan Sering Diekspor Keluar Negeri"