Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Kultur Daphnia Magna Untuk Makanan Ikan Cupang

cara mudah kultur daphnia magna untuk makanan ikan cupang

Cara Mudah Kultur Daphnia Magna Untuk Makanan Ikan Cupang - Halo sobat cupang, sudah lama saya tidak membuat artikel karena kesibukan di real life. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara kultur kutu air raksasa atau yang biasa disebut dengan daphnia magna. Kenapa kita perlu membudidayakan daphnia magna? Itu karena kebutuhan asupan makanan ikan cupang sangatlah penting, dan daphnia magna ini adalah salah satu makanan yang bagus untuk ikan cupang sobat.

Kultur atau budidaya daphnia magna sebenarnya tidak terlalu sulit karena pertumbuhan dan perkembangbiakan hewan ini sangatlah cepat, dalam waktu beberapa hari saja jumlahnya bisa sangat banyak jika dilakukan dengan benar. Untuk itu pada kesempatan kali ini blog cupang sehat akan memberikan tutorial cara budidaya daphnia magna yang baik dan benar dan dijamin berhasil menghasilkan panen yang banyak.

Cara Mudah Kultur Daphnia Magna Untuk Makanan Ikan Cupang

Bahan-bahan :

  • Air yang sudah diendapkan beberapa hari
  • Air bekas ikan cupang
  • Air hijau (cara membuat air hijau bisa dengan cara mengendapkan air berisi ikan seadanya diluar ruangan lalu biarkan selama beberapa minggu)
  • Sawi putih yang sudah direbus
  • Wadah kultur (bisa menggunakan ember besar/aquarium/styrofoam)
  • Starter daphnia magna yang bisa sobat beli di toko ikan hias di sekitar sobat, ataupun lewat online store.

Cara kultur : 

  1. Masukkan air bersih yang sudah diendapkan kedalam wadah kulur.
  2. Masukkan air bekas ikan cupang kedalam wadah kultur.
  3. Masukkan air hijau kedalam wadah kultur.
  4. Masukkan sawi putih kedalam wadah kultur (untuk yang belum tahu hasil pembusukan sawi putih dapat menciptakan infusoria dan infusoria itu adalah makanan untuk daphnia magna).
  5. Masukkan starter daphnia magna ke dalam  wadah kultur.
  6. Biarkan selama 1-2 minggu dan lihat hasilnya. 

Sebenarnya kalau sobat tidak menggunakan green water dan juga air bekas ikan cupang sobat tetap bisa kultur daphnia magna hanya dengan menggunakan sawi tetapi hal itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Green water juga bisa sobat ganti dengan spirulina, namun dengan harga spirulina yang bisa dibilang cukup mahal jadi menurut saya ini adalah cara terbaik untuk kultur daphnia magna. 

Demikianlah artikel tentang cara kultur daphnia magna atau kutu air raksasa yang baik dan benar dan dijamin berhasil panen melimpah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : cara mudah membuat pakan burayak ikan cupang.

Post a Comment for "Cara Mudah Kultur Daphnia Magna Untuk Makanan Ikan Cupang"