Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang

Cara Mudah Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang

Cara Mudah Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang - Halo sobat cupang, gimana kabarnya?semoga sehat selalu ya. Pada kesempatan kali ini blog cupang sehat akan membahas tentang cara membuat makanan terbaik untuk burayak ikan cupang agar cepat besar dan warnanya bagus yang tentunya sangat mudah untuk sobat praktekkan sendiri di rumah.

Burayak seperti yang kita tahu adalah anakan dari ikan cupang yang baru menetas, burayak ini sangat rentan mati jika tidak dirawat dengan benar. Salah satu perawatan yang paling penting untuk burayak adalah pakannya. Pakan yang berkualitas akan membantu tumbuh kembang burayak ikan cupang agar cepat besar dan juga cepat mengeluarkan warna pada burayak ikan cupang hias..

Cara Perawatan Burayak Ikan Cupang Yang Baru Menetas

Sebelum masuk ke pembahasan tentang pakan burayak ikan cupang lebih baik jika sobat mengetahui terlebih dahulu perawatan burayak ikan cupang yang benar agar tidak mati. Karena burayak yang masih berusia 0 - 14 hari masih sangat rentan mati. Berikut adalah cara merawat burayak ikan cupang yang baik dan benar :

1. Berikan Air Yang Bersih

Usahakan sobat memberikan air yang bersih dan tidak kotor agar kesehatan burayak tetap terjaga, biasanya pemberian air dilakukan sebelum tahap pemijahan atau setelah burayak menetas dan di pindahkan ke wadah pembesaran. Jadi usahakan untuk memberikan air yang berkualitas bagus, caranya adalah dengan memberikan daun ketapang, obat biru, dan garam ikan secukupnya ke wadah pembesaran. Kalau air sudah terlanjur kotor ambil kotoran dengan cara menyedotnya dengan menggunakan selang.

2. Jangan Terlalu Sering Menggoncang Air.

Ini khususnya untuk burayak yang berumur 3 hari kebawah, karena burayak pada usia di bawah 3 hari belum mampu berenang dengan baik sehingga kalau sobat terlalu sering menggoncang air dapat membuat burayak jatuh ke dasar aquarium dan burayak tidak dapat berenang ke permukaan lagi.

3. Jauhkan Wadah Burayak Dari Predator.

Ada banyak sekali predator burayak ikan cupang seperti cicak, semut, bahkan indukannya sendiri. Jadi cara menghindarkan burayak ikan cupang dari predator agar tidak mati adalah dengan cara meletakkan wadah burayak di tempat yang aman dan usahakan untuk selalu menutup wadah burayak agar tidak ada predator yang masuk. Untuk menghindari burayak agar tidak di makan induk jantan dan betina yaitu dengan cara di pisahkan sesegera mungkin setelah menetas. Untuk cara lengkapnya sobat bisa baca disini : Kapan induk cupang jantan di pisahkan dari burayak setelah menetas.

4. Jauhkan Dari Tempat Yang Sering Ada Aktivitas Manusia

Aktivitas manusia seperti memasak atau mandi juga dapat membuat burayak terganggu dan stres, jadi usahakan untuk menjauhkan wadah ikan cupang dari tempat-tempat yang menurut sobat sering digunakan beraktivitas.

5. Pemberian Pakan Yang Benar

Yang terakhir dan salah satu yang paling penting dalam perawatan burayak ikan cupang adalah pemberian pakan, dengan pemberian pakan yang baik dapat membantu pertumbuhan burayak itu sendiri. 

Ada banyak sekali sesuatu di alam yang dapat digunakan sebegai pakan burayak, beberapa diantaranya ada yang bisa sobat beli, cari sendiri di alam, ataupun sobat membuatnya sendiri dengan cara di kultur. Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips atau cara membuat pakan untuk burayak yang sudah terangkum di bawah ini :


Cara Membuat Makanan Untuk Burayak Ikan Cupang


1. Cara Membuat Makanan Burayak Ikan Cupang Dari Kuning Telur

Cara Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang Dari Kuning Telur

Kuning telur adalah salah satu jenis makanan yang bisa digunakan sebagai makanan anak ikan cupang, selain mudah di dapat kuning telur juga baik untuk tumbuh kembang burayak, tapi harus dengan cara pemberian yang benar karena kalau sobat salah dapat membuat burayak mati. Kuning telur baik digunakan untuk burayak usia 3 hari - 14 hari (2 minggu).

Cara Pemberian Pakan Burayak Dengan Kuning Telur : 

  1. Rebus telur ayam
  2. Pisahkan cangkang
  3. Pisahkan kuning dan putih telur, lalu ambil kuning telur
  4. Tambahkan sedikit air lalu haluskan kuning telur
  5. Lalu ambil kuning telur dengan menggunakan sendok, bisa juga menggunakan lidi/batang korek api
  6. Lalu masukkan kedalam wadah aquarium sedikit demi sedikit, usahakan untuk tidak memberikan terlalu banyak karena akan membuat air menjadi kotor dan pembusukan kuning telur yang tersisa di kolam dapat membuat burayak mati.

2. Membuat Makanan Burayak Ikan Cupang Dengan Udang Rebon

Cara Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang Dari Udang Rebon

Udang rebon adalah salah satu makanan yang dapat dijadikan makanan untuk burayak cupang. Udang rebon yang biasa kita konsumsi sebagai pelengkap lauk makanan ternyata juga bisa diberikan untuk makanan burayak ikan cupang tapi dengan pengolahan yang benar. Makanan dengan bahan udang rebon ini hanya untuk burayak usia 3 minggu ke atas. Berikut adalah cara pengolahannya : 

Cara Mengolah Udang Rebon Agar Menjadi Makanan Burayak Ikan Cupang

  1. Rendam udang rebon untuk menghilangkan rasa asin dengan menggunakan air hangat
  2. Setelah itu sangrai udang rebon tanpa minyak
  3. Lalu giling sampai benar benar halus
  4. Taburkan sedikit demi sedikit ke burayak

3. Membuat Infusoria Untuk Pakan Burayak Ikan Cupang

Cara Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang Dari Infusoria

Infusoria adalah jenis binatang berukuran kecil yang hidup di air tawar, infusoria hidup dengan memakan sisa-sisa pembusukan bahan organik dan juga makhluk hidup lain. Karena ukurannya yang sangat kecil ini infusoria bisa digunakan untuk makanan burayak ikan cupang. 

Selain itu infusoria juga baik untuk pertumbuhan ikan cupang karena pada dasarnya makanan terbaik untuk ikan cupang terutama pada burayak adalah makanan yang hidup dan bergerak. Infusoria juga tidak membuat kolam pembesaran menjadi kotor dan bau kalau pemberiannya benar. Infusoria sangat baik untuk burayak ikan cupang yang baru menetas selama 4 hari keatas.

Cara Membuat Infusoria Untuk Pakan Burayak Ikan Cupang Dengan Menggunakan Kol Atau Kubis


  1. Masukkan air (air yang sudah dipakai untuk ikan cupang selama beberapa hari) kedalam gelas, bisa juga menggunakan gelas plastik bekas air mineral.
  2. Siapkan kol yang telah direbus, lalu masukkan ke dalam gelas wadah kultur tadi sambil di remas-remas.
  3. Tutup bagian atas gelas wadah pengkulturan dengan menggunakan plastik hitam, lalu ikat leher gelas dengan menggunakan karet.
  4. Lubangi sekitar 5 lubang bagian atas gelas kultur menggunakan paku.
  5. Tunggu selama 1 minggu. 

Cara pemberiannya cukup mudah, ambil infusoria sedikit demi sedikit menggunakan sendok. Lalu celupkan kedalamwadah tempat burayak ikan cupang. Masukkan sendok dengan hati-hati agar air tidak tergoncang dan burayak akan mati.

4. Kultur Microworm Untuk Pakan Burayak Ikan Cupang

Cara Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang Dari Microworm

Microworm adalah jenis mikro organisme berbentuk cacing yang berukuran sangat kecil. Karena ukurannya yang sangat kecil microworm bisa digunakan sebagai pakan burayak cupang. Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa cacing adalah salah satu makanan favorit ikan, terutama ikan hias. Salah satu jenis cacing favorit ikan hias adalah cacing sutra.

Cacing sutra adalah cacing dengan ukuran yang kecil yang juga baik untukikan cupang, tapi ukurannya masih terlalu besar untuk bukaan mulut burayak ikan cupang. Sehingga biasanya untuk bisa diberikan ke burayak ikan cupang biasanya cacing harus di potong-potong terlebih dahulu.

Namun sekrang banyak kalangan peternak ikan cupang yang mulai beralih ke microworm, itu karena microworm adalah makanan hidup berbeda dengan cacing sutra yang diberikan ke burayak dalam keadaan mati. Karena makanan hidup dan bergerak adalah makanan yang bagus untuk ikan cupang.

Namun untuk mendapatkan microworm dibutuhkan usaha ekstra karena sobat harus mengkulturnya terlebih dahulu. Berikut adalah caranya :

Cara Kultur MicroWorm Untuk Makanan Burayak Ikan Cupang

  1. Pertama sobat harus punya starternya terlebih dahulu, bisa sobat cari dengan cara membelinya atau membuatnya sendiri. caranya ada disini : cara membuat starter microworm
  2. Setelah punya starter, siapkan mangkuk.
  3. Siapkan oatmeal yang bisa sobat beli di minimarket, lalu masukkan ke dalam mangkuk. 
  4. Basahi oatmeal dengan menggunakan sedikit air panas.
  5. Aduk hingga rata, lalu diamkan selama 20 menit.
  6. Siapkan ragi roti, sobat bisa membelinya terlebih dahulu di warung sekitar rumah sobat. Setelah itu masukkan sekitar 4 jumput ragi roti ke dalam oatmeal tadi.
  7. Siapkan wadah kultur berupa gelas plastik bekas air mineral atau bisa menggunakan wadah gelas yang lain asalkan transparan. sobat bisa menggunakan banyak wadah kultur sesuai kebutuhan.
  8. Masukkan adonan oatmeal ke dalam wadah kultur, sekitar 1 sendok makan saja perwadah kultur.
  9. Lalu masukkan starter microworm yang sudah sobat beli atau buat sendiri ke dalam wadah kultur, sedikit saja jangan terlalu banyak agar bisa di membuat kultur yang banyak.
  10. Setelah itu aduk rata starter dan juga oatmealnya.
  11. Setelah itu tutup bagian atas gelas kultur dengan menggunakan plastik bening transparan dan ikat leher gelas dengan karet. 
  12. Lubangi plastik dengan menggunakan paku secukupnya.
  13. Letakkan wadah kultur microworm di tempat yang tidak ada sinar matahari masuk.
  14. Tunggu selama lebih kurang 7 hari, kalau sobat berhasil akan terlihat cacing-cacing kecil yang memanjat dinding gelas.
Cara pemberian pakan burayak ikan cupang dengan menggunakan microworm ini cukup mudah.Siapkan lidik, korek kayu, atau menggunakan jari tangan lalu ambil microworm yang ada di dinding gelas sedikit demi sedikit lalu celupkan ke dalam wadah burayak.

Gimana? cukup mudah bukan. Silahkan pilih makanan mana yang akan sobat buat untuk burayak ikan cupang kesayangan sobat. Demikianlah artikel tentang cara membuat pakan burayak ikan cupang, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat yang sedang mulai berternak ikan cupang. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : Jenis jenis ikan cupang hias

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Pakan Burayak Ikan Cupang"