Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat MicroWorm Tanpa Starter Dijamin Berhasil

Cara membuat microworm tanpa starter dijamin berhasil

Cara Membuat MicroWorm Tanpa Starter Dijamin Berhasil - Seperti yang sama-sama kita tahu kalau burayak ikan cupang butuh makanan yang bernutrisi dan berprotein tinggi untuk proses pertumbuhannya. Dengan dukungan makanan yang berkualitas, burayak ikan cupang akan cepat besar dan juga cepat mutasi warna untuk ikan cupang jenis koi.

Ada banyak sekali makanan yang baik untuk perkembangan burayak, seperti kutu air, artemia, cacing sutra, kuning telur, ataupun infusoria. Makanan-makanan yang saya sebutkan tadi adalah makanan terbaik rekomendasi para peternak ikan cupang. Namun ada satu lagi yang sering luput dari para peternak ikan cupang, yaitu Microworm.

Microworm adalah pakan alami sejenis cacing kecil yang bagus digunakan untuk makanan burayak ikan cupang, berbeda dengan cacing sutra yang kalau kita ingin memberikannya kepada burayak harus dicincang terlebih dahulu microworm tidak harus di cincang, itu karena ukurannya yang kecil dan pas untuk ukuran bukaan mulut burayak ikan cupang.

Microworm sangat baik untuk proses pembesaran burayak ikan cupang, dengan pemberian microworm secara rutin dalambeberapa hari saja sudah terlihat perkembangannya. Namun untuk mendapatkan microworm ini tidaklah mudah, kita harus mengkulturnya terlebih dahulu. Berikut adalah cara membuat microworm yang telah blog cupang sehat rangkum dibawah ini agar mudah sobat pahami dan praktekkan.

Cara Membuat Starter Dan Kultur MicroWorm

Bahan-bahan yang digunakan : 

  • 1 buah kentang
  • Pisau
  • Karet
  • Kantung plastik kresek
  • Sendok
  • Gelas plastik atau toples transparan
  • Kantung plastik kecil bening
  • Oatmeal
  • Keramik
  • Mangkuk
  • Air panas
  • Ragi roti
  • Kapas
  • Kain tipis

Cara Membuat Starter Microworm

1. Potong kentang bagian atas menggunakan pisau, lalu lubangi sedikit tengahnya dengan sendok.

2. Buat lubang di bawah pohon yang besar, usahakan untuk mencari pohon yang tanahnya lembab dan tidak kering.

3. Kubur kentang dilubang yang sudah dibuat tadi dengan lubang kentang mengarah kebawah, kubur dan jangan sampai salah satu sisi kentang muncul di permukaan tanah.

4. Tutup bagian atas tempat penguburan kentang tadi dengan menggunakan keramik agar terhindar dari hujan dan juga mudah untuk ditemukan.

5. Tunggu selama 1 minggu.

6. Setelah satu minggu seharusnya kentang yang dikubur tadi telah terdapat starter microworm, gali lubang dan ambil bagian tengah daging kentang yang sudah terlihat cacingnya lalu masukkan kedalam kantong plastik kecil bening. (Kalau masih belum terlihat ada starter ulangi caranya, mungkin ada langkah yang sobat lewatkan).

Cara Kultur Microworm

1. Setelah itu siapkan tempat untuk proses mengkultur.

2. Masukkan oatmeal yang sudah sobat beli ke dalam mangkuk.

3. Lalu masukkan air panas sedikit saja agar oatmealnya lembab.

4. aduk oatmeal dan biarkan dingin selama 20 menit.

5. Setelah 20 menit lalu masukkan kurang lebih 4 jumput jari ragi roti kedalam oatmeal, lalu aduk hingga rata.

6. Siapkan beberapa wadah pengkulturan seperti gelas plastik atau toples transparan. Kenapa harus transparan? Hal itu karena agar sobat mudah melihat perkembangan microworm yang sobat kultur tersebut.

7. Masukkan adonan oatmeal tadi sekitar satu sendok makan saja perwadah, untuk jumlah wadah sesuaikan dengan kebutuhan sobat dan berapa banyak oatmeal yang sobat gunakan.

8. Setelah itu masukkan starter dari kentang yang baru sobat dapat tadi kedalam wadah pengkulturan, untuk takarannya adalah setengah sendok makan saja perwadah.

9. Lalu aduk rata semuanya.

10. Tutup wadah kultur menggunakan plastik bening transparan lalu ikat dengan menggunakan karet.

11. Buat sirkulasi udara dengan cara melubangi bagian atasnya dengan menggunakan paku atau benda yang lain.

12. Tutup lubang dengan menggunakan kapas atau kain tipis agar tidak ada hewan kecil seperti semut yang masuk.

13. Lalu kemudia simpan ditempat suhu ruangan yang dingin dan lembab, seperti disela kamar mandi atau tempat yang lain. Usahakan juga ruangan dalam keadaan gelap dan jangan ada sinar matahari yang masuk.

14. Tunggu selama 1 minggu

15. Kalau berhasil anda akan melihat cacing-cacing kecil akan memanjat dinding toples wadah pengkulturan. Kalau masih belum terlihat berarti masih ada step atau langkah-langkah yang salah. Coba sekali lagi dengan mempraktekkan langkah-langkah diatas dengan benar.


Cara membuat microworm tanpa starter dijamin berhasil


Cara Memberikan Makan Burayak Dengan Menggunakan Microworm

Untuk cara pemberian makan ke burayak dengan menggunakan microworm yang telah sobat buat tadi sangatlah mudah. Sobat tinggal menggunakan kayu kecil untuk mengambil microworm dari dinding-dinding wadah lalu masukkan kedalam kolam pembesaran burayak ikan cupang dengan perlahan. Lakukan berulang sampai burayak terlihat kenyang.

Demikianlah artikel tentang cara membuat microworm tanpa starter dijamin berhasil, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : cara membuat infusoria untuk makanan burayak ikan cupang.

1 comment for "Cara Membuat MicroWorm Tanpa Starter Dijamin Berhasil"