Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Cupang Yang Mudah Diternakkan Bagi Pemula Yang Baru Belajar Ternak

Ikan cupang adalah jenis ikan hias yang sangat disenangi oleh banyak orang terutama di Indonesia, ada yang sekedar memeliharanya saja untuk hiasan rumah, namun adapula yang hobi menernakkannya. Apalagi pada saat ini ikan cupang sudah banyak jenisnya, dan yang paling populer sekarang adalah jenis plakat. Seperti plakat koi, double tail, dumbo ear, halfmoon plakat, dan masih banyak lagi.

Jenis Cupang Yang Mudah Diternakkan Bagi Pemula Yang Baru Belajar Ternak


Karena warna dan bentuknya yang beragam, membuat banyak orang tertarik untuk mengawin silangkannya untuk mendapatkan jenis ikan cupang yang baru. Karena hal itu pula banyak pemula yang baru mengenal dan tau tentang ikan cupang ingin sekali menernakkannya sendiri dirumah, semua terkendala dengan pengetahuan yang minim sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan seperti ikan cupang ini disilangkan dengan ini akan menjadi apa? atau apakah kalau ikan cupang jenis ini di kawinkan dengan ikan cupang jenis ini maka akan mengikuti jenis induknya? Dan salah satu yang paling sering adalah pertanyaan mengenai jenis ikan cupang apa yang mudah diternakkan?

Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah hal yang hampir semua peternak pernah pikirkan saat masih baru terjun ke dunia percupangan, sehingga itu adalah hal yang wajar kalau sobat berpikiran seperti itu juga. Jadi pada artikel ini blog cupang sehat akan mrncoba menjawab salah satu pertanyaan diatas tentang jenis ikan cupang apa yang mudah untuk diternakkan.

Jenis Cupang Yang Mudah Diternakkan Bagi Pemula Yang Baru Belajar Ternak

Sebenarnya hampir semua jenis cupang mudah diternakkan, tapi balik lagi tergantung budget sobat. Saran saya untuk memulai ternak cupang adalah dengan membeli ikan cupang yang murah terlebih dahulu yang biasa di jual di pasar atau toko pinggir jalan. Karena untuk berhasil dalam ternak cupang sobat harus trial error terlebih dahulu. Baru kalau sudah mahir sobat bisa membeli indukan yang kualitasnya bagus untuk dijadikan bahan ternak sobat.

Memilih  Jenis Cupang Untuk Ternak Jangka Panjang

Tapi saya akan memberikan tips memilih jenis ikan untuk memulai berternak ikan cupang, ikan cupang pilihan saya ini adalah jenis ikan cupang yang berguna untuk jangka panjang dan pastinya selain memuaskan hobi juga menguntungkan di suatu saat nanti.

Saya merekomendasikan 2 jenis ikan cupang, yaitu plakat fancy dan plakat koi.

Kelebihan :
Plakat Fancy

  • Sobat akan tau cara merawat mutasi warnanya
  • Harganya akan bisa sobat naikkan tergantung kualitas


Plakat Koi

  • Koi banyak sekali jenisnya, mulai dari nemo, galaxy, multicolor, emerald, dan masih banyak lagi jenis ikan cupang nemo.
  • Sobat akan menikmati proses merawat dan memantau proses mutasi warna
  • Dan kalau mutasi ikan cupang koi sudah jadi, maka harganya akan mahal tergantung warna dan form ikan cupang tersebut.


Walaupun sobat awalnya tidak niat untuk menjual dan hanya untuk belajar namun lama kelamaan ikan cupang sobat akan semakin banyak dan sobat bingung meletakkannya dimana lagi. Untuk itu memilih ikan cupang untuk diternakkan adalah hal yang lumayan penting walaupun hanya sekedar belajar.

Kalau sobat ternak halfmoon atau serit, sobat akan kebingungan menjualnya karena sangat sedikit peminat dan harganya pun sangat murah.Namun kalau jenis fancy atau koi banyak sekali peminatnya dan bahkan di kota kecil harganya masih cenderung mahal. Gimana? Menguntungkan bukan?

Untuk caramemulai berjualan ikan cupang di media sosial seperti instagram atau facebook sobat bisa membaca artikel tentang tips cara jualan ikan cupang di instagram atau facebook agar cepat laku

Kalau sobat merasa sudah bisa dan mahir melakukan ternak, baru deh sobat bisa menggunakan indukan cupang dengan kualitas yang lebih bagus lagi, sebenarnya tidak ada tuntutan khusus tentang ikan cupang apa yang cocok untuk diternakkan oleh pemula. Namun saran saya adalah jenis cupang di atas.

Demikianlah artikel tentang jenis ikan cupang yang mudah diternakkan untuk pemula yang baru belajar ternak, semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : Rumus teknik breeding ikan cupang

Source image : ig @the_beauty_of_betta_fish

Post a Comment for "Jenis Cupang Yang Mudah Diternakkan Bagi Pemula Yang Baru Belajar Ternak"