Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Dan Teknik Breeding Ikan Cupang Lengkap | Inbreed, Linebreed, Dan Crossbreed

Rumus Dan Teknik Breeding Ikan Cupang Lengkap | Inbreed, Linebreed, Dan Crossbreed - Breeding ikan cupang adalah salah satu hal yang lumayan rumit untuk dilakukan, apalagi kalau sobat mencoba untuk mengawin silangkannya untuk mendapatkan warna atau strain yang baru. Menciptakan jenis atau strain ikan cupang yang baru memang sudah menjadi impian hampir semua peternak ikan cupang pada jaman sekarang ini, itu karena selain menaikkan nama agar terkenal, memuaskan hasrat pribadi, juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah yang lumayan menjanjikan karena biasanya jenis genetika warna ikan cupang yang baru dan unik harganya akan sangat mahal di pasaran.

Rumus Dan Teknik Breeding Ikan Cupang Lengkap | Inbreed, Linebreed, Dan Crossbreed
Ig : skaman306
Namun sebelum itu harus ada rumus yang harus sobat pelajari tentang breeding ikan cupang, rumus rumus itu adalah inbreed, linebreed, crossbreed, dan outbreed. Rumus-rumus tersebut harus sobat pelajari di luar kepala karena dengan rumus itu sobat bisa menciptakan warna yang baru dan unik, memperkuat warna, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. 

Berikut adalah macam-macam teknik mengawinkan ikan cupang yang sudah blog cupang sehat rangkum agar mudah sobat pahami dibawah ini : 

Macam-Macam Istilah Dan Teknik Breeding Pada Ikan Cupang

1. Inbreed

Inbreed atau inbreeding adalah persilangan antara 2 individu ikan cupang yang memiliki hubungan darah sangat dekat seperti ibu di kawin silangkan dengan anak, bapak disilangkan dengan anak, ataupun anak dikawinkan silang dengan anak (sekandung). Metode perkawinan ini dilakukan dengan bertujuan untuk menciptakan bibit baru yang dikehendaki sama dengan bibit atau indukan sebelumnya atau bahkan lebih unggul, hal ini disebabkan karena penggabungan genetika dari kedua bibit atau induk pilihan sehingga bibit baru yang dihasilkan akan lebih matang, sempurna, konsisten dan bagus.

rumus dan teknik breeding inbreed ikan cupang


Keuntungan inbreed :
  • Memperkuat Gen, dengan metode inbreed kita bisa memperkuat genetika warna. 
  • Mendapatkan keturunan warna yang bagus dan sama seperti indukan jantan atau betina, jadi untuk sobat yang ingin tetap melestarikan warna ikan cupang yang sobat sukai bisa mencoba cara ini. 
Namun sebaiknya lakukan metode cara inbreed ini hanya sampai F 4 atau 4 kali saja untuk tetap mendapatkan hasil yang optimal karena kalau dilakaukan lebih dari 4 kali seperti F5, F6, dan seterusnya kemungkinan besar akan beresiko keturunan menjadi jelek, tidak bagus, dan tidak stabil seperti anakan menjadi cacat dan kehilangan warna. 

Selain itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan, sobat harus menyeleksi keturunan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Untuk ikan cupang aduan hendaknya mengutamakan faktor genotip. Genotip adalah sifat menurun yang tidak terlihat dari luar seperti karakter, tempramen, cara bertarung, dan lain lain yang tidak tampak.

Sedangkan untuk sobat mengawinkan ikan cupang hias sobat harus mementingkan faktor fenotip, fenotip adalah karakter genetik yang terlihat dari luar seperti warna, form, bentuk ekor, dan lain lain. 

Keterangan :
P = Adalah Parental / Indukan
F = Anakan / Keturunan

F4 adalah generasi terbaik yang akan mempunyai genetik dominan dan bukan resesif, jadi jika F1, F2, F3 dikawinkan dengan F4 maka keturunannya adalah condongh ke F4 karena genetika F4 adalah dominan dan bukan resesif.

Kesalahan pemula adalah berpikir kalau P1 dan P2 dikawinkan akan keluar F1, F2, F3, dan F4 padahal itu adalah salah. Dengan mengawinkan P1 dan P2 terus menerus maka anakannya akan tetap menghasilkan F1. Jadi tabel diatas adalah cara yang benar. Baca juga : Proses Mutasi Hellboy

2. Linebreed

Linebreed atau linebreeding adalah istilah untuk persilangan individu ikan cupang yang memiliki hubungan darah tidak terlalu jauh. Seperti contohnya nenek/kakek kawin silang dengan cucu, paman/bibi disilangkan dengan keponakan, dan crossing lain yang hubungan darahnya tidak terlalu jauh atau satu genetika keturunan. Tujuan linebreed yaitu untuk memperkuat genetik ataupun mengembalikan sifat genetik dari tetua atau karakter utama yang hilang setelah proses inbreed.

rumus dan teknik breeding linebreed ikan cupang


Seperti yang terlihat di gambar kalau sobat ingin memperkuat genetika induk jantan maka kawinkan betina F2 dengan P1 atau induk jantan, sebaliknya kalau sobat ingin menurunkan genetika induk betina maka kawinkan jantan F2 dengan P2 atau induk betina. Cara ini juga biasa disebut dengan teknik breeding Back Cross.

rumus dan teknik breeding back cross ikan cupang

Keterangan :
P = Adalah Parental / Indukan
F = Anakan / Keturunan

3. Crossbreed

Crossbreed atau cross breeding atau biasa juga disebut Outbreed adalah kawin silang antara 2 ikan cupang yang tidak memiliki hubungan darah sama sekali atau hubungan darah terlalu jauh sehingga menghilangkan genetiknya. Cross breed adalah metode perkawinan yang paling umum dilakukan oleh peternak atau bahkan sobat sendiri pasti melakukannya. Contoh crossbreed adalah sobat membeli indukan jantan dari peternak Thailand lalu membeli indukan betina dari peternak Jakarta dan sobat kawinkan, itulah yang dimaksud metode kawin silang cross breeding. 

Tujuan crossbreed adalah untuk menciptakan variasi bibit baru yang sifat, karakter, warna, dan bentuknya berbeda dari sebelumnya.

rumus dan teknik breeding crossbreed ikan cupang

Keterangan :
P = Adalah Parental / Indukan
F = Anakan / Keturunan

Superbreed

Superbreed atau super breeding adalah istilah untuk individu ikan cupang yang selalu mampu menurunkan sifat dan genetika terbaik pada keturunannya. Tentu tidak gampang untuk mendapatkan super breed karena super breed adalah tujuan akhir dari metode breeding diatas, tapi perlu diperhatikan untuk induk superbreed ini tidak mungkin untuk selalu dikawinkan jadi pastikan pilih anakan hasil superbreed untuk melanjutkan proyek jangka kedepannya. 

Kalau sudah memiliki superbreed sobat adalah salah satu peternak yang hebat, karena telah menciptakan superbreed sendiri. Akan tetapi walaupun namnya superbreed bukan berarti telur dan burayak akan kuat layaknya superman, sobat harus tetap merawatnya dengan baik sampai besar. 


Demikianlah artikel tentang rumus dan teknik breeding ikan cupang lengkap. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat yang sedang berusaha untuk mengawinkan ikan cupang dan juga menambah wawasan sobat tentang istilah atau teknik teknik yang ada di dunia ikan cupang, selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih. Baca juga : Cara Menaikkan Warna Ikan Cupang

Post a Comment for "Rumus Dan Teknik Breeding Ikan Cupang Lengkap | Inbreed, Linebreed, Dan Crossbreed"