Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Cacing Sutra dan Cacing Darah, Mana yang Lebih Bagus Untuk Ikan Cupang?

Perbedaan Cacing Sutra dan Cacing Darah, Mana yang Lebih Bagus Untuk Ikan Cupang? - Walaupun di pasaran telah banyak beredar pakan cupang yang siap digunakan, namun memberi pakan alami yang bervariasi lainnya bisa membantu memperkaya nutrisi serta meningkatkan gizi bagi ikan cupang kesayangan para betta lovers. Dengan memberikan pakan yang tepat dan berkualitas, ikan cupang tak hanya sehat, tetapi juga warnanya menjadi lebih menyala dan menarik.

Salah satu jenis pakan yang menjadi rekomendasi para master cupang ialah cacing. Namun tak semua jenis cacing cocok untuk cupang. Nah, untuk lebih jelasnya saat ini kita akan membahas tentang perbedaan cacing sutra dan cacing darah, mana yang lebih bagus untuk ikan cupang? Agar betta lovers semua tidak penasaran, langsung saja ya kita simak bersama-sama infonya yang telah cupang sehat rangkum di bawah ini!


Perbedaan Cacing Sutra dan Cacing Darah, Mana yang Lebih Bagus Untuk Ikan Cupang
Instagram : ccmooreitaly

Perbedaan cacing sutra dan cacing darah, mana yang lebih bagus untuk ikan cupang?

Betta lovers, sebelum kita membahas mana yang lebih baik untuk ikan cupang, antara cacing sutra dan cacing darah. Terlebih dahulu kita simak perbedaan keduanya yakni:

A.    Cacing sutra

Cacing ini termasuk dalam golongan cacing-cacingan, yang punya nama lain tubifex, bahkan sering disebut pula sebagai cacing rambut. Cacing ini mempunyai bentuk yang kecil, tipis seperti rambut, dengan warna kemerahan dan ukuran panjang sekitar 1cm hingga 3cm.

 

Cacing ini jika disentuh akan terasa sangat lembut di tangan. Hidup secara bergerombol, saling mengikatkan diri dalam satu koloni dan biasanya berada di dasar perairan. Jika dilihat secara kasatmata cacing sutra tak terlihat mempunyai kepala dan ekor. Cacing sutra mempunyai kandungan protein sekitar 76 % lebih besar bila dibandingkan dengan cacing darah.

 

B.    Cacing darah

Cacing darah juga tak asing lagi dengan sebutan bloodworm. Jenis cacing ini bukan termasuk dalam golongan cacing-cacingan. Karena cacing darah termasuk dalam golongan larva serangga midge fly (Chironomidae) yang masuk dalam jenis nyamuk. Larva dari beberapa serangga ini di dalamnya mengandung hemoglobin. Hal itu berguna untuk membantu mereka memperoleh oksigen dari air serta memberi warna kemerahan yang sangat khas. Cacing ini biasanya hanya menghisap bunga dan tak berbahaya bagi manusia.

 

Jika dilihat langsung dengan mata telanjang dari ujung hingga ujung, cacing darah ini memiliki kepala, badan, dan ekor yang gerakannya hampir sama dengan cuk atau jentik nyamuk. Cacing darah mempunyai ukuran tubuh yang lebih pendek, badannya beruas-ruas, serta warnanya yang lebih merah mencolok daripada cacing sutra. Kandungan protein cacing darah sekitar 63 %.

 

Cacing ini sering kita temui bersama ketika membeli cacing sutra di toko pakan ikan. Namun, saat cacing ini dituangkan ke dalam wadah, maka mereka akan bergerak-gerak seperti jentik nyamuk dan berada di permukaan.

Manfaat cacing sutra dan cacing darah

Betta lovers, perlu kalian ketahui jika kedua jenis cacing ini mempunyai manfaat yang berbeda saat diberikan untuk ikan cupang peliharaanmu. Pada umumnya ikan cupang dewasa akan diberikan pakan berupa cacing darah agar warna ikan cupang lebih menyala atau semakin tajam.

Sedangkan para penggemar cupang akan memberikan cacing sutra untuk ikan cupang yang masih berusia muda, hal itu bertujuan agar pertumbuhan mereka menjadi cepat besar. Hal itu dikarenakan cacing sutra mempunyai kandungan protein yang lebih besar dari pada cacing darah.

Gimana betta lovers, sekarang sudah paham kan perbedaan cacing sutra dan cacing darah, mana yang lebih bagus untuk ikan cupang? Jadi keduanya sama-sama bagus untuk ikan cupang, karena mempunyai manfaat yang berbeda pula. Baca juga : Cara cepat menyembuhkan ikan cupang setelah diadu.

Post a Comment for "Perbedaan Cacing Sutra dan Cacing Darah, Mana yang Lebih Bagus Untuk Ikan Cupang?"