Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Menyembuhkan Luka Ikan Cupang Setelah Diadu

Cara Cepat Menyembuhkan Luka Ikan Cupang Setelah DiaduBetta lovers, saat kalian mengadu ikan cupang kebanggaanmu tentu itu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Bahkan mengakibatkan ikan cupang milikmu menjadi terluka hingga babak belur. Tak jarang hal itu menimbulkan rasa khawatir bagimu.

Namun, kamu tak perlu risau karena ada cara cepat menyembuhkan luka ikan cupang setelah diadu. Mari langsung saja kita simak bersama-sama ulasan yang telah cupang sehat rangkum berikut ini ya!


Cara Cepat Menyembuhkan Luka Ikan Cupang Setelah Diadu
Instagram : antbettasf

Cara cepat menyembuhkan luka ikan cupang setelah diadu

Setelah cupang diadu biasanya kondisinya sangat lemah, serta beberapa hal bisa terjadi seperti siripnya robek, sisiknya terluka, bahkan hingga tubuhnya babak belur. Dalam keadaan begitu, maka cupang rentan terkena penyakit seperti terinfeksi bakteri Saprolegnia sp. Oleh sebab itu, cupang sangat memerlukan perawatan khusus agar tubuhnya kembali sehat dan prima seperti sedia kala.

Betta lovers, kamu dapat melakukan perawatan ikan cupang yang terluka tersebut di rumah. Ada beberapa cara yang dapat kamu tempuh, yakni:

1.     Siapkan toples atau botol dengan kapasitas ¼ liter.

2.     Kemudian isi ½ wadah dengan air hangat dan tambahkan garam ½ sendok teh.

3.     Aduk rata, lalu diamkan sampai airnya menjadi dingin.

4.     Masukkan antibiotik (amoksilin 500 mg, tetrasiklin 500 mg dan  klindamisin 500 mg). Kamu juga bisa mengganti antibiotik dengan Ptefuran atau Gold 100 yang mempunyai bahan aktif anti bakteri dermatitis, bakteri red pest, serta bakteri antaristis. Jika dalam bentuk kaplet, maka obat tersebut harus ditumbuk secara halus. Lalu dibagi menjadi 20 bagian supaya dapat diperoleh ukuran yang pas untuk takaran air ¼ liter.

5.     Jika antibiotik sudah larut, cupang yang terluka dapat dimasukkan ke dalam wadah tersebut. Biarkan dulu cupang itu selama 1 minggu atau hingga lukanya sembuh.

6.     Larutan obat tersebut bisa dipakai hingga beberapa kali. Bahkan sisa obat bisa digunakan beberapa kali, jika warnanya tidak mengalami perubahan atau air sudah menjadi keruh karena terdapat kotoran. Dan jangka waktunya hanya sampai 1 bulan.

Berapa lama cupang yang terluka bisa sembuh?

Perlu kalian ketahui betta lovers, jika proses perbaikan tubuh cupang yang terluka dapat terjadi secara berangsur-angsur. Sirip cupang yang rusak dapat pulih kembali menjadi rapat dalam waktu 6-12 hari. Hal itu tergantung dengan tingginya kerusakan serta usia ikan cupang. Sirip cupang muda biasanya akan lebih cepat pulih daripada ikan cupang yang berusia di atas tujuh bulan.

Sisik yang terluka memar dapat kembali normal kira-kira dalam waktu 4-8 hari. Sedangkan bila sisik ada yang lepas, maka kemungkinan akan sembuh kembali setelah kurang lebih satu minggu lamanya. Hal itu ditunjukkan dengan munculnya lapisan sisik baru dengan warna yang mirip dengan warna anggota tubuh cupang lainnya. Selanjutnya dalam waktu 3 minggu kemudian, sisik yang baru muncul akan normal kembali. Namun, kekuatan sisik tak sama dengan sisik yang telah terlepas. Setelah cupang beristirahat selama kurang lebih 2-5 minggu, maka cupang bisa berenang lagi di dalam air.

Apakah cupang yang sudah sembuh dapat bertarung kembali?

Tidak semua cupang yang telah sembuh bisa diturunkan kembali pada arena pertarungan.  Hanya cupang yang memiliki beberapa kriteria tertentu saja yang bisa melakukannya. Kriteria tersebut antara lain, ring bibir tak rusak, mata utuh, penutup insang tak rusak, serta tidak rusaknya bagian organ pangkal pada ikan cupang.

Nah, demikian cara cepat menyembuhkan luka ikan cupang setelah diadu. Walaupun sudah mengalami perawatan yang tepat dan cupang sudah sembuh kembali. Namun, biasanya mental cupang juga sudah menurun akibat pernah merasakan sakit saat bertarung. Jadi sebaiknya betta lovers jangan memaksakan cupang yang telah sembuh untuk bertarung kembali ya! Baca juga : Pengganti daun ketapang untuk perawatan ikan cupang.

Post a Comment for "Cara Cepat Menyembuhkan Luka Ikan Cupang Setelah Diadu"