Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung?

Kenapa Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung? - Betta lovers, apakah kamu pernah mengalami saat mengawinkan ikan cupang, namun cupang jantan tak mau membuat sarang gelembung? Padahal itu sangat penting karena digunakan untuk mengerami telur-telur yang sudah dikeluarkan oleh induk betina.

Nah, saat ini kita akan belajar bersama-sama untuk mengetahui alasan kenapa ikan cupang jantan tidak mau membuat gelembung? Oke langsung saja betta lovers kita simak ulasan yang telah cupang sehat rangkum di bawah ini ya!


Instagram : bettalive

Alasan kenapa ikan cupang jantan tidak mau membuat gelembung?

Betta lovers perlu kalian ketahui jika ada beberapa alasan yang menyebabkan induk cupang jantan tak mau membangun sarang gelembung, hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni:

1.     Kondisi cupang jantan kurang sehat

Jika kamu ingin mengawinkan cupang, pastikan kondisinya benar-benar sehat bukan malah sakit. Kamu dapat melihat ciri-ciri saat cupang jantan sakit antara lain cupang cenderung diam, tidak bersifat aktif dan agresif ketika dijadikan satu  dengan cupang betina.

 

2.     Ikan cupang sedang stres

Ada beberapa faktor pemicu ikan cupang menjadi stres salah satunya ialah proses pemindahan dari tempat sebelumnya ke tempat pemijahan. Maka penting bagi betta lovers agar tidak melakukan hal ini karena bisa menyebabkan cupang menjadi stres.

 

3.     Jarak kawin yang terlalu dekat

Hal ini kerap dilakukan oleh pemula yang saat mengawinkan ikan cupang pertama gagal, maka kemudian ia mencobanya lagi. Serta tak memperhitungkan jarak ideal yang aman bagi cupang untuk dapat dikawinkan kembali.

Cupang betina memerlukan waktu lagi untuk mengisi telur-telurnya, serta pemulihan luka yang terjadi akibat proses perkawinan yang sebelumnya. Demikian juga untuk cupang jantan, ia membutuhkan kondisi tubuh yang prima, karena ia bertugas membuahi setiap telur yang dikeluarkan oleh cupang betina, serta harus naik turun untuk meletakkan telur pada sarang gelembung.

4.     pH air kurang sesuai

Ikan yang tampak sehat, itu bukan berarti ia benar-benar sehat. Maka dari itu betta lovers, mengetahui pH air yang ideal untuk kehidupan cupang sangatlah penting. Karena mereka akan betul-betul senang jika pH air dalam kondisi netral yaitu sekitar 6,5 sampai 7.

 

5.     Suhu air yang terlalu dingin

Pada habitat asalnya cupang biasa hidup di daerah tropis dengan sinar matahari yang cukup. Oleh sebab itu cuaca menjadi faktor penentu, khususnya untuk cupang jantan agar mau membuat sarang gelembung. Karena ia tak menyukai dengan suhu air yang terlalu dingin. Suhu air yang ideal untuk cupang berkisar antara 25-26oC.

 

6.     Umur ikan cupang terlalu muda

Biasanya cupang jantan yang berusia masih terlalu muda cenderung belum dapat menjaga telur serta burayak setelah menetas. Karena pengalaman dan proses menjadi faktor penentu keberhasilan proses pemijahan.

Ada beberapa solusi yang bisa betta lovers lakukan agar cupang jantan mau membuat sarang gelembung yakni:

·       Lakukan pengecekan kondisi kesehatan cupang sebelum mereka dikawinkan.

·       Hindari faktor pemicu cupang jantan menjadi stres, misalnya tidak memindahkan tempat pemijahan secara berulang-ulang.

·       Berikan waktu untuk cupang beristirahat agar kondisi tubuhnya betul-betul prima lagi.

·       Mengontrol suhu air secara berkala menggunakan alat termometer agar tetap ideal.

·       Jika pH air tidak netral kamu bisa menggunakan daun ketapang.

·        Cupang jantan yang siap kawin minimal berumur 5 bulan.

Nah, itu tadi betta lovers alasan kenapa ikan cupangjantan tidak mau membuat gelembung, serta solusinya. Semoga tulisan ini bermanfaat ya dan sampai jumpa! Baca juga : Perbedaan cacing sutra dan cacing darah, mana yang lebih bagus untuk ikan cupang?.

Post a Comment for "Kenapa Ikan Cupang Jantan Tidak Mau Membuat Gelembung?"