Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Lama Proses Ikan Cupang Kawin?

Berapa Lama Proses Ikan Cupang Kawin? - Betta lovers, apakah kalian ingin tau berapa lama proses ikan cupang kawin? Namun, kalian jangan coba-coba untuk mengintip cupang yang sedang kawin ya, karena apa yang kamu lakukan itu dapat memicu kegagalan proses perkawinan.

Lalu bagaimana cara mengetahuinya? Nah, betta lovers temukan jawabannya pada ulasan yang telah blog cupang sehat rangkum di bawah ini. Simak dengan baik-baik ya!


Berapa Lama Proses Ikan Cupang Kawin
Instagram : astoriabetta

Berapa lama proses ikan cupang kawin?

Perlu kamu ketahui betta lovers, jika lama atau tidaknya proses ikan cupang ketika kawin itu tidak dapat ditentukan dalam hitungan detik, menit ataupun hari. Karena semua itu tidak bisa untuk dijadikan patokan. Dan saat ikan cupang kawin, para penggemar cupang biasanya menyebut dengan istilah “berpelukan” merupakan tanda jika keduanya telah siap untuk melakukan proses kawin.


Betta lovers, ketika cupang jantan memeluk cupang betina, maka telur akan keluar dan dibuahi oleh cupang jantan. Dan itu terjadi sangat cepat, hanya dalam waktu beberapa detik saja yakni antara 10 sampai 30 detik.

 

Namun, ternyata proses kawin cupang tak secepat itu betta lovers! Karena ada banyak jumlah telur yang terdapat di dalam perut cupang betina, serta harus dikeluarkan semua ketika proses perkawinan terjadi.  Sedangkan satu kali pelukan yang dilakukan oleh cupang terjadi beberapa detik saja, dan saat itu hanya mengeluarkan beberapa butir telur dari perut cupang betina.

 

Maka dari itu, diperlukannya beberapa kali pelukan supaya semua telur yang terdapat dalam perut cupang betina dapat keluar kemudian dibuahi semua oleh cupang jantan.

 

Betta lovers, selain itu kalian juga harus tau kapan waktunya ikan cupang kawin, supaya kamu bisa tau kapan waktu yang tepat untuk mengambil ikan cupang betina yang telah selesai kawin. Karena pada umumnya ikan cupang kawin pada waktu pagi hari, yakni kisaran antara jam 7 hingga jam 11. Atau bisa juga pada sore hari antara jam 2 hingga jam 5. Dengan begitu para betta lovers, akan tau berapa lama ikan cupang kawin serta kapan harus segera mengambil ikan cupang betina.

Faktor-faktor yang mempengaruhi proses perkawinan cupang

Perlu betta lovers ketahui, jika ada beberapa faktor yang mempengaruhi lama tidaknya proses ikan cupang saat kawin. Faktor-faktor tersebut antara lain:

1.     Cupang jantan mengalami kesulitan saat memeluk cupang betina

Memang tidak mudah untuk mengawinkan cupang, karena terkadang betina menghindar atau masih malu-malu saat cupang jantan mendekatinya. Bahkan tak jarang keduanya saling berkejar-kejaran karena sang betina tak mau dipeluk oleh cupang jantan. Pastikan juga, jika ukuran kedua ikan cupang yang akan kawin hampir sama agar saat mereka berpelukan seimbang.

 

2.     Kondisi sekitar

Betta lovers, saat kalian mengawinkan ikan cupang perlu diperhatikan pula kondisi sekitar. Suasana yang sunyi dan tenang merupakan faktor yang baik supaya proses perkawinan tak terganggu.  Selain itu area yang tertutup juga menyebabkan proses kawin cupang menjadi lebih cepat, bila dibandingkan dengan area yang terbuka.

 

3.     Jumlah telur di dalam perut cupang betina

Jika dalam perut ikan cupang betina, jumlah telur yang disiapkan lebih sedikit, maka proses kawin pun menjadi lebih cepat pula. Begitupun sebaliknya semakin banyak jumlah telur dalam perut cupang betina, maka proses kawin akan menjadi semakin lama.

Demikian ya betta lovers, pembahasan kita berdasarkan pertanyaan berapa lama proses ikan cupang kawin? Jawabannya ternyata ada beberapa faktor yang mempengaruhi lama tidaknya proses kawin pada ikan cupang. Dan semua faktor tersebut sudah dijabarkan dengan jelas di atas. Baca juga : Kenapa ikan cupang jantan tidak mau membuat gelembung.

Post a Comment for "Berapa Lama Proses Ikan Cupang Kawin?"