Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berapa Banyak Telur Ikan Cupang Dalam Sekali Pemijahan?

Berapa Banyak Telur Ikan Cupang Dalam Sekali Pemijahan?Betta lovers tau tidak jika langkah pertama yang harus ditempuh untuk melakukan budidaya ikan cupang adalah dengan menentukan serta memilih indukan ikan cupang. Agar menghasilkan benih yang bagus maka penting bagi betta lovers untuk memilih jenis indukan ikan cupang dengan kualitas unggul pula. Selain itu juga dipastikan jika tubuh indukan dalam kondisi sehat, tak ada cacat bawaan, serta bebas dari penyakit.

Untuk ikan cupang yang sedang mengalami proses pemijahan, tahukah kamu berapa banyak telur ikan cupang sekali pemijahan? Kalian para betta lovers pasti ingin tau jawabannya bukan? Yuk langsung saja kita simak bersama-sama ulasan yang telah cupang sehat rangkum berikut ini, agar para betta lovers mendapatkan info jawaban berdasarkan pertanyaan di atas.


Berapa Banyak Telur Ikan Cupang Dalam Sekali Pemijahan?
instagram : socal_shrimps


Berapa banyak telur ikan cupang sekali pemijahan?

Setelah kamu menentukan indukan cupang jantan dan cupang betina kualitas terbaik, maka dipastikan keduanya siap untuk memijah. Betta lovers kamu bisa menyediakan wadah berupa baskom atau akuarium kecil dengan ukuran 20 x 20 x 20 cm. Langkah kedua siapkan gelas plastik untuk tempat ikan cupang betina. Kamu juga bisa menambahkan tumbuhan air seperti kayambang.

Langsung saja kita kembali ke pertanyaan semula ya betta lovers biar kalian nggak makin penasaran dengan jawabannya. Jika dalam satu kali proses pemijahan, maka ikan cupang akan menghasilkan kurang lebih sampai 1000 butir telur. Wah ternyata banyak sekali ya betta lovers? Kemudian telur tersebut akan menetas dalam jangka waktu 24 jam atau selama satu hari setelah proses pembuahan berlangsung.

Namun, para betta lovers perlu kalian tau, jika berdasarkan pengalaman para pembudidaya ikan cupang, tingkat kematian proses pembenihan ikan cupang seperti ini cukup tinggi. Bayangkan saja betta lovers, jika dalam satu kali proses pemijahan biasanya dapat melakukan proses memanen ikan cupang hidup hanya berkisar antara 30 sampai 50 ekor cupang saja. Ternyata gampang-gampang susah ya betta lovers?

 

Berapa kali indukan ikan cupang dapat dikawinkan?

Perlu betta lovers ketahui, jika ternyata indukan ikan cupang jantan hanya bisa dikawinkan sampai 8 kali saja dengan interval waktu antara 2 sampai 3 minggu. Sedangkan untuk indukan ikan cupang betina, disarankan hanya dapat melakukan proses perkawinan selama 1 kali saja. Namun, bila dipaksakan maka pada proses perkawinan berikutnya akan mengalami penurunan tingkat keragaman jenis kelamin. Dimana anakan ikan cupang akan lebih didominasi dengan jenis kelamin betina. Sampai disini sudah paham belum para betta lovers?


Cara memahami indukan ikan cupang yang siap dikawinkan           

Oke kita lanjut ya betta lovers, tadi di awal kita sudah pernah membahas mengenai pentingnya memilih jenis indukan ikan cupang dengan kualitas unggul sebelum proses perkawinan atau pemijahan. Kalian perlu memeriksa induk cupang jantan dan induk cupang betina telah mencapai fase matang gonad atau sudah siap kawin. Nah, mari betta lovers kita simak informasi mengenai ciri-ciri indukan yang sudah siap dikawinkan antara lain:

A.    Indukan jantan

·       Paling tidak berusia 4 sampai 8 bulan

·       Bentuk badan memanjang

·       Berwarna terang, menarik serta mempunyai ukuran sirip yang panjang

·       Gerakannya aktif, lincah serta agresif

 

B.    Indukan betina

·       Kurang lebih berusia 3 sampai 4 bulan

·       Bentuk badan cenderung membulat dan memiliki perut yang sedikit membuncit

·       Warnanya kusam, tidak menarik serta ukuran siripnya lebih pendek

·       Gerakan ikan cenderung lambat


Jadi betta lovers untuk pertanyaan berapa banyak telur ikan cupang sekali pemijahan? Jawabannya adalah ada sekitar 1000 butir telur ikan cupang dalam sekali pemijahan. Nah, sekarang kamu udah nggak bingung lagi kan? Sampai jumpa kembali ya betta lovers! Baca juga : Penyebab telur ikan cupang gagal menetas

Post a Comment for "Berapa Banyak Telur Ikan Cupang Dalam Sekali Pemijahan?"