Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Ciri-Ciri Telur Ikan Cupang Gagal Menetas?

Bagaimana Ciri-Ciri Telur Ikan Cupang Gagal Menetas?Bagi betta lovers yang sedang melakukan proses pemijahan, pasti kamu sedang berharap-harap cemas dengan telur ikan cupang tersebut apakah akan menetas atau tidak? Banyak atau sedikitnya jumlah telur ikan cupang yang dihasilkan dari proses pemijahan bukan menjadi faktor utama. Namun, pasti sebagian dari kalian mengharapkan telur ikan cupang tersebut untuk menetas. Iya kan betta lovers?

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas mengenai berapa hari telur ikan cupang akan menetas? Nah betta lovers, agar lebih lengkap untuk saat ini cupang sehat akan membahas mengenai bagaimana ciri-ciri telur ikan cupang gagal menetas? Untuk mengetahui jawabannya, mari langsung saja kita bahas bersama-sama di bawah ini ya!


Bagaimana Ciri-Ciri Telur Ikan Cupang Gagal Menetas?
instagram : mina._.quarium


Bagaimana Ciri-ciri telur ikan cupang gagal menetas?

Berikut ini hal yang perlu betta lovers ketahui mengenai ciri-ciri telur ikan cupang yang gagal menetas adalah :

1.     Telur ikan cupang berwarna kuning

Warna kuning ini disertai atau seperti diselimuti oleh bulu-bulu halus. Biar betta lovers nggak bingung sebagai contohnya, saat kalian melihat telur ayam yang tidak menetas.

 

Biasanya telur ayam tersebut dalamnya dalam keadaan kopyor, atau adanya suara air saat kamu kocok atau digoyangkan. Hal itu kemungkinan terjadi akibat kurangnya asupan gas Oksigen dari induk ikan cupang jantan ketika mengerami telur-telur tersebut. Mungkin betta lovers ada yang punya pengalaman lain?

 

2.     Telur ikan cupang berwarna putih susu

Ciri yang kedua warna telur ikan cupang putih susu. Jika telur tersebut masih diselimuti-bulu halus, betta lovers nggak usah berharap banyak lagi deh, karena dipastikan kalau telur tersebut tidak akan menetas sampai kapan pun. Jadi kamu tak perlu membuang waktu untuk menunggu lebih lama ya betta lovers!

 

3.     Telur berjatuhan dari sarang gelembung

Sebenarnya telur masih bisa menetas, namun ada syaratnya betta lovers yaitu induk ikan cupang jantan harus memunguti dan memasukkan kembali telur tersebut ke dalam sarang gelembung.

 

4.     Induk ikan cupang jantan memakan telur

Terkadang betta lovers yang masih minim pengalaman menyangka jika kemungkinan induk ikan cupang jantan memakan telur tersebut. Padahal pada kenyataannya itu merupakan sebuah tindakan proteksi yang dilakukan induk ikan cupang jantan untuk memindahkan telur agar supaya dapat menetas.


Faktor-faktor penyebab telur ikan berwarna putih susu

Jangan sedih dulu betta lovers, tadi di atas kita sudah membahas mengenai ciri-ciri telur cupang gagal menetas salah satunya adalah karena telur berwarna putih susu. Nah, kamu perlu tau faktor-faktor penyebab hal tersebut antara lain:

·       Berdasarkan pengalaman para pembudidaya ikan cupang, mereka meyakini jika pengaruh suhu atau cuaca yang sangat dingin/ ekstrim menjadi salah satu faktor penyebab ikan cupang gagal menetas. Maka betta lovers sebaiknya kalian hindari mengawinkan ikan cupang saat terjadi musim hujan.

·       Faktor yang kedua adalah karena telur terserang jamur. Biasanya para betta lovers dapat mengakali masalah tersebut dengan memakai media daun ketapang yang dapat digunakan sebagai sarang gelembung. Perlu betta lovers ketahui, jika salah satu fungsi daun ketapang ini adalah dapat melindungi telur ikan cupang tersebut agar terhindar dari jamur.

·       Faktor ketiga karena telur ikan tidak terbuahi ketika induk jantan dan betina melakukan proses perkawinan.

Bagaimana betta lovers, sudah nggak bingung lagi kan bagaimana ciri-ciri telur ikan cupang gagal menetas? Jadi jawabannya adalah telur ikan cupang berwarna kuning atau berwarna putih susu, serta telur diselimuti oleh bulu-bulu halus. Cukup sekian ya betta lovers, terima kasih. Baca juga : Berapa banyak telur ikan cupang dalam sekali pemijahan?

Post a Comment for "Bagaimana Ciri-Ciri Telur Ikan Cupang Gagal Menetas?"