Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebabnya Telur Ikan Cupang Gagal Menetas Karena Tenggelam

Penyebabnya Telur Ikan Cupang Gagal Menetas Karena Tenggelam - Hai para betta lovers, bagaimana kabar kamu pada hari ini? Semoga kalian semuanya dalam keadaan sehat ya! Nah, betta lovers saat ini kita akan membahas permasalahan tentang telur ikan cupang gagal menetas karena tenggelam, apa penyebabnya?

Penting bagi kamu para betta lovers yang memelihara ikan cupang walau hanya sekedar hobby atau bahkan dijadikan lahan bisnis untuk mengetahui hal itu. Biar betta lovers tidak semakin penasaran, mari untuk lebih jelasnya kita belajar bersama-sama untuk membahas permasalahan tersebut. Langsung saja yuk betta lovers kita cek ulasannya yang telah cupang sehat rangkum di bawah ini ya!


Penyebabnya Telur Ikan Cupang Gagal Menetas Karena Tenggelam
Instagram : kooscape


Telur ikan cupang gagal menetas karena tenggelam, apa penyebabnya?

Betta lovers, kalian tau tidak jika ternyata ada banyak faktor penyebab telur ikan cupang gagal menetas. Namun, biar tidak terlalu luas permasalahan yang dibahas saat ini kita hanya akan fokus membahas mengenai faktor penyebab telur ikan cupang tenggelam lalu kemudian gagal menetas.

Lantas jawaban berdasarkan permasalahan di atas adalah telur ikan cupang tidak akan bisa menetas karena tenggelam, jika ada faktor seperti tidak dipungut atau bahkan tidak diambil lagi oleh induk ikan cupang jantan. Kira-kira betta lovers tau tidak mengapa hal itu bisa terjadi? Hal itu bisa terjadi karena telur saat menetas memerlukan suhu atau temperatur. Dan hanya ikan cupang jantan lah yang dapat mengetahui serta memberi suhu yang paling tepat untuk proses menetaskan telur tersebut.

Karena saat telur tenggelam, maka telur tersebut akan jatuh ke dasar air dan tidak diambil. Sehingga tidak akan  ada suhu yang dapat diberikan oleh induk ikan cupang jantan. Faktor selain itu, jika bisa saja telur yang jatuh tersebut  tidak dibuahi, sehingga dibiarkan tergeletak di dasar air dan tak diambil lagi oleh induk ikan cupang jantan. Karena walaupun diberi asupan suhu, namun jika telur tak dibuahi juga mustahil bila telur tersebut dapat menetas.

Beberapa faktor lain penyebab kenapa telur dapat jatuh dan tenggelam, serta akhirnya gagal menetas

Selain faktor tidak dibuahi, ternyata ada faktor lain penyebab kenapa telur dapat jatuh dari sarang gelembung kemudian tenggelam dan akhirnya tidak menetas. Sebagai contoh betta lovers, jika adanya banyak goncangan yang terjadi dari luar yang disebabkan mengangkat wadah pemijahan atau kemungkinan dapat juga akibat tersenggol serok ketika kamu mengambil ikan cupang betina. Jadi perlu hati-hati terhadap hal itu ya betta lovers!

Ada juga contoh kasus yang lain yaitu induk ikan cupang jantan mengalami stres. Sehingga mengakibatkan ia mengobrak-abrik sarang telur tersebut. Atau bahkan karena induk ikan cupang jantan masih belum pintar atau kurang pintar dalam hal mengerami telur.

Faktor lainnya lagi penyebab telur ikan cupang tenggelam dan gagal menetas adalah karena telur tersebut terkena jamur. Bagi para betta lovers, biasanya para peternak ikan cupang yang sudah berpengalaman akan memakai daun ketapang, karena hal itu dipercaya dapat menyebabkan telur ikan cupang akan merekat lebih kuat lagi.

Jadi betta lovers berdasarkan permasalahan penyebab telur ikan cupang gagal menetas karena tenggelam. Maka jawabnya adalah karena telur tersebut tidak diambil dan tidak dierami lagi oleh ikan cupang jantan. Demikian penjelasan yang bisa kamu dapatkan berdasarkan permasalahan tersebut. Semoga setelah membaca tulisan ini, betta lovers tak perlu bingung lagi ya jika menemui kasus seperti itu. Sampai jumpa lagi! Baca juga : Berapa hari telur ikan cupang menetas?

Post a Comment for "Penyebabnya Telur Ikan Cupang Gagal Menetas Karena Tenggelam"