Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prosedur Cara Mengirim Ikan Cupang Ke Luar Negeri

Prosedur Cara Mengirim Ikan Cupang Ke Luar NegeriSaat ini ikan hias mulai banyak dilirik oleh berbagai kalangan. Baik sebagai hobby atau bahkan untuk lahan bisnis. Salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati adalah ikan cupang. Para penjual ikan pun sekarang banyak ditemui di berbagai daerah. Bahkan tak jarang pula yang sudah memasarkan ikan cupang melalui situs belanja online.

Sulit bagi kita orang awam membayangkan bagaimana cara mengirim ikan cupang ke luar negeri? Seperti ke negara-negara di luar Asia, contohnya Amerika dan Eropa. Namun, sering kali para penjual kurang memperhatikan proses pengiriman. Untuk lebih jelasnya berikut simak ulasannya yang telah blog cupang sehat rangkum  di bawah ini!


Prosedur Cara Mengirim Ikan Cupang Ke Luar Negeri
Instagram : cupanghalfmoon.id


Prosedur Cara Mengirim Ikan Cupang ke Luar Negeri Melalui Bandara

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengirim ikan cupang ke berbagai belahan penjuru dunia. Tetapi hanya terkadang para penjual ikan saja yang kurang menggali informasi akan hal ini. Ada 2 tahapan yang perlu diperhatikan yaitu:

A.    Shipping Method

·     Menyiapkan proforma invoice yang di dalamnya memuat informasi tentang harga ikan yang akan dikirim serta packing list yang isinya jumlah kemasan, isi tiap kemasan ikan, dan ukuran ikan yang akan dikirim.

·     Jika anda sudah memiliki Nomor Induk Kepabeanan dan ijin ekspor maka anda tinggal booking. Namun, jika belum anda harus mencari undername terlebih dahulu.

·     Setelah bookingan dikonfirmasi maka anda akan mendapat jadwal pengiriman dan nomor Air Way Bill (AWB). Setelah itu ikan siap untuk dikemas dan dikirim.

·     Anda dapat menginfokan nomor AWB serta jadwal kepada si penerima supaya mereka dapat siap-siap menerima barang. Baca juga : Berapa lama ikan cupang bisa bertahan hidup tanpa makan.

 

B.    Packing Method

·     Puasakan ikan hingga isi perutnya kosong. Usahakan cara ini dilakukan di aquarium yang sebelumnya sudah dibersihkan. Karena jika dilakukan di kolam takutnya masih terdapat makanan seperti lumut, jentik nyamuk dan lainnya.  Jadi ikan tidak 100 persen bersih. Hal ini paling penting karena ikan di dalam kemasan, kotorannya dapat mencemari air dan berakibat ikan mati.

·     Menurunkan suhu hingga ke derajat tertentu sampai titik derajat dimana laju biologis ikan menurun, cirinya ikan tidak aktif.

·     Untuk pengiriman jarak jauh jumlah ikan harus diperhatikan per kantong, serta gunakan air yang bebas dari bahan pencemaran. Jika perlu gunakan air mineral serta cek kualitas air dan suhunya harus sama dengan di penampungan agar tidak terjadi temperatur shock.

·     Untuk perbandingan air dan oksigen adalah 1 bagian air dan 3 bagian oksigen. Jika perlu tambahkan obat bius sebagai penenang ikan. Namun, sebaiknya anda konsultasikan dulu terhadap pembeli apakah di negaranya melarang penggunaan obat tertentu atau tidak.

·     Gunakan kemasan kantong styrofoam standar penerbangan ukuran 50, 75 dan 120 cm. Serta tambahkan es batu yang terbuat dari air mineral kemasan botol dicampur dengan garam kemudian dibekukan. Es dibungkus dengan koran dan letakkan di sela-sela kantong agar suhu tetap stabil.

·     Tutup styrofoam dan lakban dengan kuat, jaga udaranya agar tetap stabil. Lalu bungkus lagi memakai plastik atau karton.

·     Jika memungkinkan cari penerbangan yang paling pagi agar tidak terkena macet saat ke bandara.


Ada Beberapa Prosedur Di Bandara Yang Perlu Diperhatikan Antara Lain :

  •  Setelah sampai bandara, anda langsung menuju ruang karantina terlebih dahulu.
  • Buat dokumen karantina export, petugas akan melakukan cek fisik buka box dan melihat isinya.
  • Setelah dokumen selesai lalu menuju gudang Regulated Agent (RA) untuk diantar petugas ke gudang airlines.
  • Proses dokumen bea cukai di gudang airlines, timbangan, serta jika perlu berikan uang rokok untuk petugas.
  • Barang ditarik traktor langsung ke dalam, dan penting untuk diinfokan ke petugas agar ikan tidak di X-Ray karena dapat beresiko besar untuk ikan hidup.
  • Terakhir selesaikan administrasi dan pembayaran.

Demikian beberapa prosedur cara mengirim ikan cupang ke luar negeri. Semoga artikel ini sedikit banyaknya dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba. Baca juga : Cara Membeli Ikan Cupang Dari Luar Negeri.

Post a Comment for "Prosedur Cara Mengirim Ikan Cupang Ke Luar Negeri"