Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membeli Ikan Cupang Dari Luar Negeri?

Cara Membeli Ikan Cupang Dari Luar NegeriSemakin maraknya pemakaian internet untuk berbisnis ikan hias terutama ikan cupang, berakibat tumbuhnya marketplace sebagai tempat jual beli online. Proses jual beli ini tidak hanya dilakukan di dalam negeri tetapi juga bisa keluar negeri. Namun, ada beberapa prosedur proses jual beli ikan hias yang melintasi batas negara.

Tak hanya masalah ekspor yang tahapan prosesnya diatur, tetapi juga impor. Jika anda berencana membeli ikan dari luar negeri, anda perlu paham bagaimana cara membeli ikan cupang dari luar negeri dengan prosedur yang benar. Anda bisa memanfaatkan jasa trans shipper untuk memperlancar proses jual beli. Selengkapnya, ayo pembaca sekalian, kita lihat ulasan di bawah ini:


Cara Membeli Ikan Cupang Dari Luar Negeri
Instagram : beautifulcupang


Cara Membeli Ikan Cupang Dari Luar Negeri

Ada beberapa tahap yang perlu diketahui saat anda ingin membeli ikan dari luar negeri melalui media sosial, yaitu :

  1.  Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah mencari jenis ikan cupang apa yang anda ingin order melalui grup di media sosial seperti facebook atau Instagram.
  2. Setelah anda sudah menentukan pilihan ikan cupang yang ingin anda beli, langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak penjual ikan.
  3. Setelah deal anda dapat menanyakan kapan jadwal pengiriman atau shipping ke Indonesia kepada pihak trans shipper. Trans shipper merupakan jasa pengiriman antar negara yang menjembatani antara penjual di suatu negara dengan pembeli di negara lain dalam distribusi fisik khususnya untuk ikan hias. Jadi anda tak perlu ribet lagi mengurus beberapa prosedur perizinan seperti Bea Cukai dan lain-lain. Dengan jasa ini anda lebih mudah untuk membeli ikan dari luar negeri serta biaya yang ditawarkan juga masih terjangkau.
  4. Setelah itu anda tanyakan berapa biaya total pengiriman ikan tersebut yang sudah termasuk dengan biaya packing barang kepada pihak trans shipper. Biaya ini belum termasuk harga ikan dari pihak penjual.
  5. Apabila semua biaya telah ditotalkan, maka anda dapat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan Western Union atau PayPal sesuai dengan biaya yang sudah ditentukan.
  6. Setelah ikan sampai di Indonesia, anda dapat mengambil langsung ikan yang anda beli melalui perwakilan pihak trans shipper yang sudah ditunjuk di Indonesia. Atau anda bisa menggunakan jasa ojek online untuk mengirim ikan yang sudah anda beli dari tempat transit  ke rumah anda.
  7. Anda bisa mengecek ikan yang sudah anda beli apakah masih dalam keadaan baik atau tidak.
  8. Hal yang penting perlu anda perhatikan saat membeli ikan cupang dari luar negeri adalah pilih jenis ikan cupang yang masih langka di Indonesia serta belum banyak orang yang punya. Baca juga : Cara Membuat Aquascape Untuk Ikan Cupang.


Resiko Jika Membeli Ikan Cupang Dari Luar Negeri

Ada beberapa resiko yang perlu anda ketahui jika anda ingin membeli ikan cupang dari luar negeri, antara lain :

  1.  Tingkat resiko kemungkinan ikan bisa mati selama proses pengiriman.
  2. Adanya kendala masalah bahasa yang berbeda saat anda melakukan komunikasi jual beli dengan pihak luar negeri, karena ada beberapa orang yang tidak bisa menggunakan bahasa Inggris dengan lancar.
  3. Jika memakai jasa trans shipper, apabila ada ikan yang mati selama proses pengiriman atau transit maka pihak trans shipper tidak menyediakan ganti rugi.
  4. Kendala masalah transaksi pembayaran karena anda membutuhkan jasa transaksi pembayaran ke luar negeri yang mungkin tidak dimiliki oleh semua orang.

Demikian ulasan singkat mengenai cara membeli ikan cupang dari luar negeri. Semoga setelah membaca artikel ini anda bisa mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum anda membeli ikan dari luar negeri. Baca juga : Bagaimana Dan Kapan Ikan Cupang Tidur.

Post a Comment for "Cara Membeli Ikan Cupang Dari Luar Negeri?"