Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencetak Ikan Cupang Kualitas Kontes

Cara Mencetak Ikan Cupang Kualitas KontesSemenjak kemunculannya di ranah dunia ikan hias, ikan cupang masih menjadi primadona saat ini. Ikan ini masih ramai diperlombakan dalam berbagai kontes baik tingkat lokal atau bahkan nasional. Saat ini memiliki ikan cupang bagaikan aset emas yang bisa menghasilkan keuntungan besar dan bukan hanya sekedar hobby semata.

Apakah pernah terbayang di benak anda menjadi juara kontes ikan cupang? Harapan ini akan mendorong anda untuk lebih kreatif serta berusaha keras untuk dapat mewujudkannya. Pasalnya, dalam suatu perlombaan tidak akan tercipta secara kebetulan saja. Ada beberapa tips cara mencetak ikan cupang kualitas kontes yang penting untuk anda ketahui. Berikut kita simak ulasannya yang telah blog cupang sehat rangkum dibawah ini :


Cara Mencetak Ikan Cupang Kualitas Kontes
Instagram : bettaa.lovers


Tahap Persiapan Cara Mencetak Ikan Cupang Kualitas Kontes 

  1. Pilih ikan cupang dengan bakalan bagus karena kemungkinan lebih besar mencapai kualitas kontes. Jika anda memilih ikan dengan bakalan yang tidak bagus maka harapan untuk menang akan kecil meskipun sudah mendapatkan perawatan secara optimal.
  2. Kenali ikan cupang agar mempunyai kedekatan dengan anda sehingga membantu dalam usaha melatihnya.
  3. Pastikan ikan cupang memiliki warna yang cerah serta jelas. Siripnya utuh tidak sobek ataupun berlubang. Sisik ikan yang sehat halus serta gerakannya lincah.
  4. Berikan pakan alami yang digemari cupang, seperti jentik nyamuk, cacing dara dan kutu air serta supplement tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisnya. Jangan berlebihan memberi pakan.
  5. Perhatikan kualitas air, karena kualitas air yang tidak sesuai dengan kebutuhan cupang dapat menjadi sumber berbagai penyakit bagi cupang. Dengan pH air yang standar 6,2 -7,5, kesadahan 5 -12 dH dan  suhu ideal 20 -30oC.
  6. Penyakit bakterial yang sering menyerang ikan cupang yakni bintik putih, busung dan velvet. Anda perlu menangani jenis penyakit ini secara khusus agar cupang bisa tumbuh dengan sehat.


Tahap Melatih Agar Menjadi Ikan Cupang Kontes

  1.  Sebelum mengambil ikan cuci tangan terlebih dahulu menggunakan air panas dan jangan gunakan sabun. Saat proses pelatihan perlu diingat jika kondisi ikan harus prima.
  2. Cobalah menarik perhatian ikan cupang dengan mengetuk kaca akuarium secara pelan atau anda dapat menggunakan cacing untuk menarik perhatiannya. Fokuskan perhatian pada tangan anda serta insang yang bergerak dengan cepat.
  3. Latih ikan menggunakan jari dengan gerakan jari melintang pada bagian depan akuarium. Gerakan ke berbagai arah dan beri hadiah berupa kudapan bila ikan berhasil mengikuti gerakan anda dengan cepat. Hal ini dilakukan selama 3 -5 menit dalam beberapa hari.
  4. Lakukan trik lain jika ikan sudah mahir mengikuti gerakan anda dengan konsisten.
  5. Latih cupang untuk mengembangkan sirip saat diperintah. Anda bisa menggunakan cermin kecil dan pulpen bertutup merah atau hitam. Kemudian kamu letakkan cermin pada depan akuarium dan juga pulpen di bagian samping cermin sesudah ikan mengembangkan siripnya. Ulangi prosesnya hingga 2 -3 kali lanjutkan sampai cupang mengembangkan siripnya setiap kali pulpen Anda tunjukkan.
  6. Latih ikan cupang untuk melompat dengan memakai tongkat untuk memberi makan dan beri sedikit cacing pada tongkat tersebut. Lalu gerakkan tongkat ke dalam air kemudian ke permukaan. Jika ikan ingin mengambil makan pasti ia akan melompat. Setelah ikan menguasai ganti tongkat dengan jari anda dan ulangi cara itu.
  7. Latih ikan dengan berenang melewati sebuah simpai. Anda dapat menggunakan alat pembersih pipa. Trik ini memang lebih sulit jadi anda perlu waktu dan bersabar untuk melatihnya.
  8. Terus mencoba dan jangan menyerah. Latihan ini bisa dilakukan setiap harinya, namun anda juga jangan memaksakan jika ikan tidak ingin bermain. Dan pastikan ikan beristirahat dengan cukup.


Demikian ulasan mengenai tips cara mencetak ikan cupang kualitas kontes. Semoga sesudah kamu baca artikel dapat menambah wawasan untuk kamu, selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : Prosedur Cara Mengirim Ikan Cupang Keluar Negeri.

Post a Comment for "Cara Mencetak Ikan Cupang Kualitas Kontes"