Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Ikan Cupang Pemarah Dan Selalu Ingin Bertarung?

Kenapa Ikan Cupang Pemarah Dan Selalu Ingin Bertarung?Saat ini ikan cupang mulai mendunia sebagai ikan hias peliharaan. Ikan dengan warna tubuh yang menarik serta indah banyak diburu orang untuk dipelihara. Tetapi, selain dikenal orang-orang sebagai jenis ikan hias yang sangat elok, ternyata ikan cupang pun dikenal juga sebagai jenis ikan yang agresif atau suka bertarung dengan sesamanya. Bahkan ikan cupang sering kali marah saat melihat bayangannya sendiri di kaca.

Ada banyak alasan kenapa ikan cupang pemarah dan selalu ingin bertarung dengan sesamanya? Nah pada kesempatan kali ini kita akal membahas hal itu lebih lanjut. Yuk kita simak ulasan yang telah cupang sehat rangkum di bawah ini!


Kenapa Ikan Cupang Pemarah Dan Selalu Ingin Bertarung
Instagram : criandopeixesbettas


Alasan Kenapa Ikan Cupang Pemarah Dan Selalu Ingin Berkelahi

Menurut penelitian ikan cupang  merupakan ikan yang mempunyai sifat sangat teritorial. Secara spontan ikan cupang jantan akan menyerang jika ada ikan cupang lainnya yang memasuki wilayahnya. Saat bertarung ikan akan mengembangkan sirip serta insangnya agar diri mereka terlihat dua kali lebih besar. Cara ini berguna untuk menakuti lawannya. Apabila cara itu berhasil, maka mereka akan saling menggigit hingga salah satu diantaranya menyerah.

Jangan pernah mencampurkan ikan cupang jantan tanpa adanya partisi yang berguna untuk memisahkan mereka. Cupang jantan akan bertarung untuk memperebutkan makan, mereka berburu makanan untuk bertahan hidup.

Selain itu cupang jantan juga akan bertarung untuk melindungi sarang serta telur miliknya. Saat dia ingin kawin maka akan membuat gelembung pada permukaan air dan setelah selesai dia akan menunggu cupang betina datang.  Apapun ancaman untuk kawin akan memicu naluri protektifnya. Khusus pada kasus ini cupang jantan dan betina dapat dijadikan satu tempat. Namun setelah selesai kawin sebaiknya mereka dipisahkan lagi. Baca juga : Cara membuat ikan cupang menjadi ganas dan agresif.

Apakah Ikan Cupang Betina Juga Bertarung?

Pada ikan cupang betina sebenarnya sifatnya tidak terlalu agresif seperti cupang jantan. Mereka dapat hidup berdampingan sesama cupang betina. Pada dasarnya ikan cupang yang hidup di alam bebas tidak mempunyai sifat agresif. Perkembangbiakan dalam wadah menjadi salah satu faktor penyebab ikan cupang menjadi semakin agresif. Apalagi bila ikan cupang ini sengaja dikembangkan menjadi ikan petarung.

Apakah Ikan Cupang Dapat Bertarung Dengan Ikan Lainnya Juga?

Ikan cupang dapat bertarung dengan jenis ikan lain jika dipengaruhi beberapa faktor yakni :
  • Ukuran akuarium terlalu sempit untuk standar ekosistem komunitas
  • Tak adanya ruang yang cukup sebagai tempat persembunyian ikan
  • Adanya ikan jenis lain yang wujudnya menyerupai ikan cupang
  • Adanya jenis ikan lain yang warnanya tampak kelihatan lebih cerah
  • Ikan lainnya mempunyai sirip yang berukuran panjang
  • Jenis ikan lainnya juga memiliki sifat agresif

Mencampur ikan pada akuarium sebaiknya jangan dilakukan. Jangan pula memakai akuarium dengan ukuran yang terlalu kecil serta berisi bermacam-macam jenis ikan. Anda perlu menyediakan tempat yang cukup untuk semua ikan agar bisa hidup bersama tanpa menimbulkan sifat agresif masing-masing.

Demikian ulasan mengenai kenapa ikan cupang pemarah dan selalu ingin bertarung? Jawabannya tidak selalu. Namun, yang perlu anda ingat jika ada dua ikan cupang yang sedang bertarung maka jangan sengaja dibiarkan sampai habis-habisan bahkan sampai mati. Karena hal ini merupakan kekejaman bagi hewan dan tidak boleh dilakukan. Normalnya cupang bertarung hanya dalam waktu beberapa menit saja dan segera berakhir. Semoga dengan membaca tulisan ini dapat menjawab semua rasa penasaran anda. Baca juga : Cara Mencetak Ikan Cupang Kualitas Kontes.

Post a Comment for "Kenapa Ikan Cupang Pemarah Dan Selalu Ingin Bertarung?"