Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ampuh Membuat Gigi Ikan Cupang Tajam, Agar Cupang Semakin Garang


Cara Ampuh Membuat Gigi Ikan Cupang Tajam, Agar Cupang Semakin Garang - Cara membuat gigi ikan cupang tajam merupakan salah satu tips yang banyak dicari oleh para pecinta ikan cupang, terutama pecinta cupang jenis petarung atau aduan. Pasalnya, gigi yang tajam merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh ikan cupang aduan. Gigi tajam pada ikan cupang dapat memudahkan cupang untuk menggigit hingga merobek sisik dan lawannya.
Gigi ikan cupang yang tajam biasanya ditentukan oleh faktor genetik, namun selain faktor genetik, mempertajam gigi pada ikan cupang juga dapat dilakukan dengan beberapa cara. Untuk mengetahuinya, simak tips berikut.

Cara Ampuh Membuat Gigi Ikan Cupang Tajam
instagram : @tempalelebak5

Trik Untuk Mengetahui Ketajaman Gigi Ikan Cupang

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat ikan cupang aduan peliharaan Anda agar semakin tangkas dan hebat untuk diadu seperti melatih ikan cupang dengan latihan tertentu, teknik perawatan serta pemeliharaan ikan cupang, dan lain sebagainya. Namun, salah satu faktor penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah ketajaman gigi ikan cupang Anda.
Tingkat ketajaman gigi cupang biasanya berbeda-beda pada setiap jenisnya. Untuk mengukur ketajaman gigi cupang Anda, Anda dapat mengetahuinya dengan cara menempatkan cupang Anda ke dalam plastik, lalu pancinglah cupang Anda hingga memukul. Jika pukulannya dirasa cukup lemah namun air mengucur dari plastik, bisa dipastikan cupang Anda memiliki kriteria gigi yang bagus untuk cupang aduan. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mengira-ngira ketajaman gigi ikan cupang saat ikan cupang Anda bertarung.

Cara Membuat Gigi Ikan Cupang Tajam

Ketajaman gigi pada ikan cupang pada hakikatnya merupakan faktor genetik atau bawaan induk. Maka tips terbaik saat Anda memutuskan untuk memelihara ikan cupang aduan adalah dengan memperhatikan silsilah indukan dari ikan cupang tersebut. Jika Anda beli di toko ikan, Anda bisa menanyakannya langsung pada penjual. Tapi jika Anda menginginkan cupang aduan dengan cara mengawinkannya sendiri, pilihlah kriteria indukan yang dapat menghasilkan keturunan cupang aduan yang kuat.
Beberapa kriteria yang perlu Anda perhatikan saat memilih indukan cupang untuk dikawinkan diantaranya adalah mental cupang, ketajaman gigi, serta rock body. Kriteria ketajaman gigi dan rock body cukup mudah Anda ketahui dengan cara melihat langsung ikan cupang Anda, namun untuk mental ikan cupang biasanya dapat diketahui setelah cupang Anda mengikuti pertarungan. Baca juga : Mengenal ikan cupang giant, jenis ikan cupang terbesar dan yang termahal.
Adapun jika Anda sudah memiliki ikan cupang Aduan dan berusaha untuk mempertajam gigi ikan cupang aduan Anda, cara yang dapat Anda lakukan diantaranya adalah.
  1. Memastikan tempat hidup cupang
Ikan cupang dalam fase perkembangan sebaiknya Anda tempatkan pada air yang memiliki kadar mineral tinggi, serta pH dan suhu yang sesuai. Kadar mineral tinggi pada air dapat menstimulasi perkembangan sisik dan ketajaman gigi ikan cupang Anda
  1. Pemberian nutrisi yang cukup serta tambahan vitamin
Nutrisi yang cukup tentunya hal utama yang perlu diperhatikan. Selain agar cupang Anda sehat, kecukupan nutrisi juga bisa mempertajam gigi cupang Anda. Selain nutrisi, Anda juga bisa memberikan vitamin khusus untuk mempertajam gigi untuk ikan cupang Anda. Vitamin bisa Anda dapatkan di toko ikan atau melalui marketplace.
  1. Memberi udang sebagai pakan
Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempertajam gigi ikan cupang Anda adalah dengan memberikan pakan daging udang. Anda bisa memberikan daging udah 3 sampai kali dalam sepekan dengan takaran 1 kali makan.
Demikianlah tips dan informasi cara membuat gigi ikan cupang tajam yang bisa Anda lakukan. Anda bisa memilih metode yang sekiranya sesuai dengan ikan cupang peliharaan Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : Solusi ikan cupang pucat, lesu dan tidak mau makan.

Post a Comment for "Cara Ampuh Membuat Gigi Ikan Cupang Tajam, Agar Cupang Semakin Garang"