Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Cupang Lesu, Pucat, Dan Tidak Mau Makan? Ini Solusinya

Ikan Cupang Lesu, Pucat, Dan Tidak Mau Makan? Ini Solusinya - Memiliki peliharaan tentu sangat menyenangkan, karena selain bisa menyalurkan hobi, memiliki hewan peliharaan pun bisa meminimalisir rasa stres. Salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup banyak diminati adalah ikan cupang. Selain dikenal sebagai hewan peliharaan yang kuat dan mudah dirawat, ikan cupang juga memiliki warna dan bentuk yang menarik sesuai dengan jenisnya.

Meskipun perawatannya cukup mudah, namun Anda tetap harus waspada dengan berbagai penyakit yang bisa menyerang hewan kesayangan Anda. Jika ikan cupang peliharaan Anda mengalami kondisi lesu, pucat, dan tidak mau makan, maka Anda harus mewaspadai kemungkinan ikan Anda terkena penyakit. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan.


Ikan Cupang Lesu, Pucat, Dan Tidak Mau Makan? Ini Solusinya
Instagram : @dog_tribe_3


Mengenali Penyebab Ikan Cupang Lesu, Pucat, dan Tidak Mau Makan

Cupang yang banyak diam atau lesu biasanya merupakan gejala bahwa cupang tersebut dalam kondisi tidak sehat. Kondisi tersebut biasanya diperparah dengan keinginan atau nafsu makan cupang yang menurun atau bahkan tidak mau makan. Tetapi, selain karena penyakit, ikan cupang yang stres juga menunjukkan gejala yang sama, yakni tidak mau makan sehingga mengakibatkan ikan cupang menjadi lesu dan pucat.

Mengatasi Ikan Cupang yang Lesu dan Pucat

Jika penyebab utama ikan cupang Anda lesu dan pucat adalah akibat stres, maka Anda dapat mengatasinya dengan mudah. Salah satunya yakni dengan cara memastikan kondisi dari aquarium tempat cupang Anda di dalam kondisi baik seperti memastikan air akuarium diganti secara berkala, serta gunakan filter untuk memastikan air pada akuarium tersirkulasi dengan baik.
Tapi, apabila ikan cupang Anda masih tetap lesu dan pucat, Anda bisa menggunakan cara lain, yakni membuat campuran air garam dan daun ketapang. Bahan yang digunakan untuk membuat air campuran ini cukup sederhana, Anda hanya membutuhkan garam khusus ikan yang bisa Anda peroleh dari toko ikan hias, serta daun ketapang kering. Selanjutnya, ikuti langkah berikut untuk membuatnya.
  1. Siapkan air yang sudah diendapkan minimal sehari semalam
  2. Tuangkan air tersebut ke dalam wadah atau akuarium sampai ketinggian setengah wadah yang Anda gunakan. Misalnya jika Anda menggunakan akuarium dengan tinggi 20 cm, isilah akuarium tersebut sampai 10 cm
  3. Masukkan sejumput garam pada wadah berisi air tersebut. Usahakan jangan sampai air terlalu asin
  4. Aduk air pada wadah hingga garam benar-benar larut, lalu masukkan setengah lembar daun ketapang kering
  5. Tambahkan air dari tempat ikan cupang sebelumnya agar mempermudah ikan cupang beradaptasi
  6. Masukkan ikan cupang ke dalam wadah tersebut
Agar hasil maksimal, jangan ganti air campuran tersebut selama sepekan. Jika ikan cupang Anda sudah kembali sehat, maka lakukan penggantian air secara total pada wadah atau akuarium tersebut. Anda juga bisa memindahkan cupang Anda ke akuarium sebelumnya.

Mengatasi Ikan Cupang yang Tidak Mau Makan

Setelah Anda melakukan langkah di atas, Anda bisa melakukan treatment berikut untuk mengatasi nafsu makan ikan cupang Anda. Pemberian pakan sebaiknya Anda lakukan satu hari setelah penggantian wadah dan air. Kurangi jumlah takaran pakan dari yang biasa Anda berikan. Misalnya jika Anda biasa memberi 5-10 pelet per hari, Anda bisa menguranginya hingga 3-4 pelet per hari.
Pada hari berikutnya, puasakan ikan cupang Anda dan berikan kembali pakan pada hari selanjutnya. Gunakan metode selang sehari tersebut sampai nafsu makan ikan cupang Anda kembali normal. Untuk mempercepat pemulihan pada ikan cupang, sebaiknya tempatkan wadah ikan cupang Anda yang sakit terpisah dengan wadah ikan cupang lainnya.
Demikianlah beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi ikan cupang lesu, pucat,dan tidak mau makan. Kondisi setiap ikan cupang biasanya berbeda dengan cupang lainnya, namun yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kondisi tempat hidup cupang selalu dalam keadaan baik, sehingga cupang Anda tidak mudah stres dan terkena penyakit. Baca juga : Berapa lama ikan cupang bisa bertahan hidup tanpa diberi makan?

Post a Comment for "Ikan Cupang Lesu, Pucat, Dan Tidak Mau Makan? Ini Solusinya"