Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan Terbaik Untuk Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Pakan Terbaik Untuk Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Pakan Terbaik Untuk Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar - Halo sobat cupang, gimana udah berhasil breeding belum? Kalau sudah, apakah si burayak hidup sampai besar? Kalau masih gagal sabar, coba lagi pasti suatu saat akan berhasil karena usaha tidak akan menghianati hasil. Saya akan selalu mendoakan yang terbaik untuk sobat agar ternak atau breeding cupangnya berhasil ya. Oke kali ini blog Cupang Sehat akan memberikan tips makanan terbaik untuk burayak ikan cupang agar cepat besar.

Burayak adalah sebutan untuk anak ikan cupang yang baru menetas atau belum dewasa, burayak sangat rentan sekali mati apalagi kalau perawatannya kurang baik. Perawatan yang baik untuk burayak ikan cupang agar tidak mati ada banyak sekali tahapannya, dan tahap yang terpenting adalah tahap pemberian makan. Pemberian pakan yang baik akan sangat membantu untuk tumbuh kembang burayak ikan cupang tersebut. 

Namun untuk para peternak pemula pasti masih sangat bingung memilih makanan apa saja sih yang baik untuk burayak ikan cupang, jadi pada kesempatan kali saya akan memberi tahu sobat tentang beberapa pakan terbaik untuk membantu pertumbuhan burayak ikan cupang agar tetap sehat dan cepat besar. Artikel menarik lainnya : Cara berternak ikan cupang untuk pemula langsung bisa

Pakan Terbaik Untuk Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar

1. Kutu Air

Makanan untuk burayak ikan cupang terbaik yang pertama tentu saja adalah kutu air, ya tentu saja ini adalah pilihan nomor 1 para peternak ikan cupang sebagai makanan burayaknya. Alasannya karena kutu air adalah pakan hidup yang telah sama-sama kita tahu kalau pakan hidup itu adalah makanan terbaik untuk tumbuh kembang ikan cupang. Cara pemberiannya jangan disamakan dengan ikan cupang yang sudah dewasa ya sobat, karena ukuran mulut burayak masih sangat kecil jadi sobat saring terlebih dahulu kutu air yang baru sobat dapat dengan menggunakan saringan yang lebih kecil. Hal ini bertujuan untuk memisahkan kutu air yang berukuran kecil dan yang berukuran besar. Lalu masukkan kutu air yang telah disaring tadi kedalam wadah ikan cupang. Cukup mudah bukan. Saat usia burayak sudah mencapai 1 bulan lebih, sobat tidak perlu lagi repot-repot menyaring kutu air, karena ukuran ikan cupang tersebut telah mampu memakan kutu air ukuran yang besar. 

2. Artemia

Setelah kutu air, pakan burayak terbaik selanjutnya adalah artemia. Sebenarnya menurut saya pribadi  artemia lebih baik dari pada kutu air. Hal itu karena rata-rata para peternak di luar negeri menggunakan artemia untuk burayaknya, kandungan yang ada dalam artemia lebih baik dari pada yang ada di kutu air. Selain itu tempat hidup kutu air yang biasanya di kolam dan comberan membuatnya menjadi tidak higienis dan pastinya mengandung bakteri-bakteri yang tidak baik untuk burayak. Namun karena cara mendapatkannya cukup mudah dan tidak perlu harus membeli jadi kutu air saya tempatkan diposisi pertama. 

Cara pemberian burayak ikan cupang dengan artemia cukup rumit karena biasanya artemia yang dijual di pasaran adalah artemia yang berbentuk telur dan harganya juga tidak murah, jadi sobat harus menetaskannya terlebih dahulu dan pastinya membutuhkan bahan-bahan penetasan yang tidak murah. Untuk cara penetasan artemianya silahkan sobat kesini : cara menetaskan artemia. Namun kalau sobat tidak mau ribet ada alternatif lain yaitu artemia serbuk yang sudah di tetaskan. Jadi sobat bisa langsung memberikan makan burayak dengan artemia tersebut tanpa harus ribet-ribet menetaskannya. 

Cara pemberiannya cukup mudah, masukkan artemia instan tersebut kedalam air terlebih dahulu, usahakan jangan terlalu banyak air kurang kebih satu gayung saja. Lalu masukkan artemia kedalam wadah burayak dengan menggunakan sendok. 

3. Cacing Sutra

Selanjutnya yaitu cacing sutra, cacing sutra adalah pakan terbaik burayak selanjutnya dan sudah tidak diragukan lagi. Cacing sutra sudah terbukti ampuh untuk mempercepat pembesaran ikan cupang. Cara pemberiannya cukup mudah, sobat bisa membeli cacing sutra di toko ikan hias disekitar rumah sobat. Lalu cincang kecil-kecil cacing sutra tersebut menggunakan pisau, sehingga ukurannya dapat masuk kedalam mulut burayak.

4. Cangkang Telur

Kenapa bukan kuning telur? ya memang di salah satu artikel saya membahas tentang cara memberi makan ikan cupang dengan kuning telur. Namun, kuning telur dapat membuat air tempat pembesaran burayak sobat akan cepat kotor dan bau jadi pada artikel kali ini saya memberi alternatif lain, yaitu dengan menggunakan cangkang telur. Cara pemberian pakan burayak dengan cangkang telur itu cukup mudah, sobat tinggal jemur beberapa cangkang telur sampai kering, lalu setelah benar-benar kering masukkan cangkang telur tadi kedalam kolam burayak ikan cupang. Cangkang telur ini baik untuk burayak dari mulai usia 4-14 hari. Namun kalau sobat masih ingin menggunkan cara cepat dan praktis, sobat tetap bisa menggunakan rebusan kuning telur. Namun saya tetap tidak merekomendasikannya ya.


Demikianlah artikel tentang pakan terbaik untuk burayak ikan cupang agar cepat besar, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : jenis jenis ikan cupang alam

Post a Comment for "Pakan Terbaik Untuk Burayak Ikan Cupang Agar Cepat Besar"