Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Ikan Yang Cocok Dicampur Dengan Ikan Cupang

Jenis-Jenis Ikan Yang Cocok Dicampur dengan Ikan Cupang - Ikan air tawar menjadi salah satu pilihan sebagian orang untuk dipelihara karena mudah perawatannya, salah satunya adalah ikan cupang. Siapa yang tidak terpesona melihat kecantikan ikan ini? Ikan ini mempunyai sirip mekar yang eye catching memang menjadi ikan hias yang banyak diburu.

Jika anda memelihara ikan cupang di rumah menggunakan akuarium, sayang rasanya apabila hanya dihuni seekor ikan saja. Mungkin anda berpikir ingin menambah ikan sehingga cupang tersebut mempunyai teman di dalam akuarium. Timbul pertanyaan, apa saja jenis-jenis ikan yang cocok dicampur dengan ikan cupang? Nah supaya bisa menjawab pertanyaan yang itu, yuk simak bersama-sama ulasan berikut di bawah ini!


Jenis-Jenis Ikan Yang Cocok Dicampur Dengan Ikan Cupang
Instagram : mifusuyaqua


Jenis-Jenis Ikan Yang cocok dicampur dengan ikan cupang antara lain:

1.     Neon Tetra

Neon tetra adalah jenis ikan yang sangat cantik, karena memiliki garis-garis berwarna merah dan biru yang terlihat berkilau. Neon tetra merupakan jenis ikan kecil yang mempunyai sirip pendek. Percaya atau tidak jika ikan ini paling baik sebagai teman ikan cupang di dalam akuarium.

 

Ikan cupang dapat menghabiskan sebagian besar waktunya di atas akuarium. Sedangkan neon tetra merupakan ikan mid tank, sehingga keduanya tak mungkin bertarung dalam ruang yang sama. Tetapi, ikan ini harus dibeli dalam kawanan sekitar 10 ekor, sehingga memerlukan akuarium dengan ukuran yang lebih besar.

 

2.     Ember Tetra

Ember tetra hidup dalam situasi yang sama seperti ikan cupang. Selain itu memerlukan air dengan kondisi yang sama pula, yaitu sekitar 68-84oF dan pH antara 5 hingga 6,5. Jenis makanannya pun sama seperti ikan cupang. Perlu anda ketahui jika ikan tetra akan merasa nyaman ketika berenang di sekitar tanaman. Jadi berilah ia tempat untuk bersembunyi atau sebagai tempat bermain. Sebagai contoh ornamen dengan beberapa tanaman air yang berukuran tinggi.

 

3.     Ikan Sapu-Sapu

Untuk sementara waktu  ikan sapu-sapu dapat cocok dijadikan satu dengan ikan cupang dalam akuarium. Kenapa hanya sementara? Karena tubuh mereka cenderung akan tumbuh lebih besar. Bahkan beberapa varietas ikan sapu-sapu bisa tumbuh lebih cepat dalam waktu satu tahun, hingga mencapai ukuran 80 cm. Maka dari itu sebaiknya anda membeli ikan sapu-sapu dengan ukuran yang lebih kecil, agar lebih aman saat berdampingan dengan ikan cupang.

 

4.     Zebra Hongkong

Dalam hal makan dan suhu air, ikan nan elok ini memiliki kesukaan yang sama dengan cupang. Mereka diciptakan secara cinta damai, sehingga tak mungkin mengganggu ikan lainnya. Ikan ini berasal dari China dan termasuk jenis ikan langka karena diidentifikasi sebagai salah satu species ikan yang terancam punah.

 

5.     Pygmy Cory

Ikan ini seperti ikan sapu-sapu, yang merupakan penghuni bawah akuarium serta berfungsi sebagai ikan pembersih. Ikan ini biasa mengais-ngais lumut yang menempel pada batu untuk dimakan. Ikan ini berwarna abu-abu kusam serta berbaur dengan kerikil dan pasir, sehingga cupang mungkin tak menyadari keberadaannya. Anda perlu mendapatkan beberapa ekor ikan ini untuk menemani cupang, karena ikan ini gemar berenang secara berkelompok.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mencampur ikan cupang dengan jenis ikan lainnya yakni:

  • Pastikan akuarium serta organisme di dalamnya bebas dari parasit dan penyakit
  • Cek keadaan parameter air
  • Pastikan akuarium dalam kondisi bersih
  • Jaga selalu suhu ideal air yaitu sekitar 25oC
  • Anda dapat mengajari ikan beradaptasi dengan suhu air, caranya yaitu mengapungkan mereka dalam wadah.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis ikan yang cocok dicampur dengan ikan cupang. Setelah membaca artikel ini harapannya anda tidak bingung lagi, jika ingin mencampur ikan cupang dengan jenis ikan lainnya. Selamat mencoba! Baca juga : Manfaat eceng gondok untuk ikan cupang.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Ikan Yang Cocok Dicampur Dengan Ikan Cupang"