Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Ikan Cupang Terbesar Menjadi Incaran Para Sultan

Sejarah Ikan Cupang Terbesar Menjadi Incaran Para Sultan - Selama pandemi covid-19 memelihara ikan hias menjadi hobby baru bagi banyak orang yang tinggal di kota besar. Ikan cupang menjadi populer karena banyak dicari para penghobi saat ini. Ikan cupang banyak diminati oleh berbagai kalangan baik orang dewasa ataupun anak-anak. Karena ikan ini bandel dan tahan banting serta mudah cara perawatannya.

Ikan cupang merupakan ikan air tawar yang biasanya hidup di daerah tropis dengan iklim yang hangat. Ikan cupang banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara. Ikan cupang asli Indonesia berasal dari Pampang, Kalimantan Timur dengan nama latin Betta channoides.

Ikan cupang terbesar atau sering disebut ikan cupang giant merupakan salah satu jenis cupang yang memiliki ukuran paling besar. Panjang ikan ini mencapai lebih dari 12 cm. Karena ukurannya yang terlalu besar menyebabkan ikan ini tidak bisa bergerak aktif seperti ikan cupang berukuran normal. Namun ikan cupang ini tetap tampak garang seperti cupang lainnya. Untuk mengenal lebih jauh tentang ikan cupang terbesar mari kita simak ulasan berikut ini!


Sejarah Ikan Cupang Terbesar Menjadi Incaran Para Sultan
instagram : @topbettagallery

Sejarah Ikan Cupang Terbesar

Ikan cupang terbesar pertama kali dikembangkan oleh breeder asal Thailand pada tahun 1999. Pada mulanya breeder tersebut mempunyai ikan cupang plakat jantan dengan ukuran 10 cm. Kemudian ide itu muncul dengan tujuan perkawinan silang untuk memperoleh ikan cupang yang memiliki size terbesar dari jenis cupang lainnya.

Usaha breeder tersebut berbuah manis karena berhasil menyilangkan cupang dan mendapatkan hasil ikan cupang berukuran besar sesuai yang diinginkan. Kemudian ikan cupang terbesar itu diberi nama cupang giant atau Giant betta.

Pada tahun 2001 ikan cupang terbesar pertama kali dipasarkan. Setahun kemudian ikan ini diikutsertakan dalam kontes IBC yang diselenggarakan di Amerika dan dibanderol mencapai nominal $1000.

Awal kemunculan ikan ini mencapai ukuran 7,6 cm hanya memerlukan waktu 8-9 bulan. Tetapi untuk mendapat size yang sama hanya perlu waktu 5 bulan. Ikan ini mempunyai warna dan sirip yang beragam saat ini. Bahkan sudah muncul beberapa jenis ikan ini seperti giant crowntail, giant doubletail dan halfmoon.

Tips Merawat Ikan Cupang Giant

Cara merawat ikan cupang giant hampir sama seperti merawat ikan cupang pada umumnya. Namun ada beberapa perbedaan yang harus diperhatikan antara lain :

·       Ukuran Tempat

Tempat atau wadah yang dipakai untuk memelihara ikan ini harus berukuran lebih besar. Untuk ikan raksasa yang berumur 2,5 bulan anda bisa menggunakan aquarium berukuran 15 cm x 15 cm. Sedangkan untuk ikan yang berumur 3,5 bulan, aquarium yang dibutuhkan berukuran 25 cm x 25 cm. Tujuannya adalah agar ikan cupang giant dapat bergerak dengan bebas.

·       Pemakaian Gelembung Udara/ Aerator

Ikan yang berumur 3,5 bulan dalam perawatannya membutuhkan alat aerator. Fungsinya adalah untuk meningkatkan kadar oksigen dalam aquarium. Selain itu tujuan pemasangan aerator  adalah agar gerak ikan semakin aktif dan lebih agresif. Karena ukurannya yang besar menjadikan ikan malas untuk bergerak.

·       Pemberian Pakan

Pemberian makanan cupang terbaik adalah hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan ikan cupang terbesar. Karena ikan ini memerlukan pakan yang porsinya lebih besar daripada ikan cupang berukuran normal. Ikan yang berumur 2,5 sampai 5 bulan pakan yang diberikan per hari sekitar 3 kali. Sedangkan ikan yang berumur di atas 5 bulan sebaiknya pemberian pakan dikurangi menjadi 2 atau 3 kali per hari.  Hal itu disebabkan pencernaan ikan sudah mulai lemah pada umur tersebut.

Demikian ulasan tentang ikan cupang terbesar di dunia. Semoga anda mendapatkan informasi dan manfaat setelah membaca artikel ini. Baca juga : Cara menyilangkan warna ikan cupang kualitas unggul.

Post a Comment for "Sejarah Ikan Cupang Terbesar Menjadi Incaran Para Sultan"