Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Ciri-Ciri Ikan Cupang Dumbo Ear Beserta Harganya

Inilah Ciri-Ciri Ikan Cupang Dumbo Ear Beserta HarganyaIkan cupang dumbo ear beserta harganya merupakan salah satu informasi yang banyak dicari oleh banyak orang. Sebab, ikan yang satu ini memiliki ciri khas yang berbeda dari ikan cupang jenis lainnya. Lalu bagaimana cirinya dan berapa kira-kira kisaran harganya? Simak ulasan ini sampai akhir!


5 Fakta Menarik Soal Ikan Cupang

Ikan cupang atau Betta Fish merupakan ikan hias yang ukuran tubuhnya kecil dan memiliki ekor yang panjang dan indah. Namun ada banyak juga yang ikan cupang merupakan jenis arwana hias yang ukurannya mini.  Sebelum membahas lebih lanjut soal cupang dumbo ear, maka ketahuilah lima fakta di bawah ini lebih dulu, apa saja?
  1. Cupang termasuk kategori ikan yang memiliki daya tahan mengagumkan. 
  2. Penduduk Indonesia sudah mengenal jenis ikan cupang sangat lama sejak tahun 1950-an atau bisa dibilang sejak 70-an yang lalu.
  3. Penggila ikan cupang di Indonesia mulai banyak bereksperimen dengan ikan cupang pada tahun 90-an dengan mengawinkan jenis cupang lilin dengan yang lain. Hasilnya pun bagus yaitu cupang hias yang ekor dan warnanya lebih cerah dari cupang lain. 
  4. Kontes ikan cupang sudah populer sejak dulu pada tahun 90-an.
  5. Indonesia memang terkenal sebagai negara yang paling banyak memiliki varietas cupang alam, dimana setidaknya terdapat 40 jenis dari ikan cupang yang telah terdata.


Motif dan Warna Ikan Cupang

Berikut ini merupakan jenis-jenis motif dan warna pada ikan cupang, apa saja?
  •   Bi-Color (Dua warna)
Ikan cupang yang memiliki dua warna berbeda biasanya perbedaan tersebut terletak di bagian tubuh dan siripnya.
  • Koi
Koi adalah jenis ikan cupang yang pola dan warnanya mirip seperti ikan koi pada umumnya.
  • Solid
Tidak jauh berbeda seperti namanya, ikan cupang jenis ini hanya punya satu warna saja pada bagian tubuhnya.
  • Butterfly
Ikan cupang jenis ini punya dua sampai tiga warna pada tubuhnya, tetapi berbeda di bagian warna ekor dan siripnya yang umumnya warnanya lebih putih atau transparan.
·       Sisik Naga
Jenis ikan cupang ini punya sisik yang tegas dengan garis hitam pada bagian ujungnya dan tubuhnya cenderung memiliki warna metalik.
  • Dalmatian
Ciri khas dari ikan cupang jenis ini yaitu adanya bercak warna hitam atau merah di bagian tubuhnya yang berwarna putih.
  • Marble
Ikan cupang yang satu ini memiliki motif warna bercak putih di bagian seluruh tubuh beserta siripnya.
  • Full Mask
Ikan cupang ini punya wajah yang warnanya hitam, tetapi tubuhnya sangat full colour.
  • Piebald
Jenis cupang yang satu ini memiliki tubuh dan sirip yang beraneka macam warnanya, tetapi wajahnya cenderung berwarna putih.
  • Grizzle
Cupang jenis ini punya dua warna atau lebih yang kesannya lebih tercampur.


Ciri-Ciri Ikan Cupang Dumbo Ear Beserta Harganya
Instagram : @hobbies_betta_splendens


Ciri-Ciri Ikan Cupang Dumbo Ear Beserta Harganya

Ciri-ciri dari ikan cupang dumbo ear yaitu pada bagian sirip samping. Ikan cupang jenis ini memiliki sirip yang setidaknya lima kali lebih besar dibandingkan jenis cupang lain pada umumnya. Bentuk sirip dari ikan cupang jenis dumbo ear umumnya jika dilihat dari samping akan terlihat lebih bergerigi.
Memiliki sirip samping yang lebar, ikan cupang jenis ini sering berenang bak penarik kipas yang berlenggak-lenggok di akuarium. Untuk harganya bervariasi, ada yang menjual mulai dari harga Rp15 ribu untuk setiap ekornya, ada juga yang Rp 30 ribu. Namun yang kisaran harga termahalnya itu Rp100 ribu – Rp 300 ribu. Baca juga : 3 Ciri-Ciri Ikan Cupang Berjodoh.

Post a Comment for "Inilah Ciri-Ciri Ikan Cupang Dumbo Ear Beserta Harganya"