Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Ekor Ikan Cupang Kuncup? Berikut Penjelasan Dan Cara Mengatasinya!

Kenapa Ekor Ikan Cupang Kuncup? Berikut Penjelasan Dan Cara Mengatasinya! -  Para betta lovers, pernahkah kalian melihat atau bahkan mengalami sendiri ekor ikan cupang kesayanganmu menjadi kuncup atau keriting? Kira-kira apakah kamu tau alasan kenapa ekor ikan cupang kuncup?

Nah, biar kalian semua tidak makin penasaran, kita akan membahas hal itu lebih jelas. Selain itu kita juga belajar cara mengatasinya. Langsung saja kita simak infonya bersama-sama yang telah cupang sehat rangkum di bawah ini ya!


Kenapa Ekor Ikan Cupang Kuncup Berikut Penjelasan Dan Cara Mengatasinya!
Instagram : generalbettahospital


Kenapa ekor ikan cupang kuncup?

Betta lovers, ternyata ada beberapa faktor penyebab ekor ikan cupang kesayanganmu menjadi kuncup yakni:

1.     Air

Kondisi air yang kurang baik akan berpengaruh pada kehidupan ikan cupang. Air yang kurang sehat karena akuarium jarang dikuras. Sehingga kotoran ikan dan sisa pakan banyak terdapat di dasar air. Hal itu dapat berakibat air menjadi terkontaminasi. Akhirnya cupang akan stres menabrak kaca akuarium dan ekor cupang tak mau mekar.

 

2.     Cuaca

Salah satu faktor penyebab ekor ikan cupang menjadi lesu serta tak mau mekar ialah karena cuaca ekstrim. Hal itu umumnya terjadi saat musim hujan tiba. Di dalam akuarium air akan menjadi dingin saat terjadi musim penghujan. Bahkan saking parahnya hingga menyebabkan kaca akuarium menjadi berembun.

 

3.     Makanan

Ekor ikan menjadi kuncup, serta sukar untuk digerakkan bisa disebabkan oleh faktor makanan. Apalagi jika jenis makanan tersebut berupa pakan hidup seperti jentik nyamuk, cacing darah, cacing sutra atau pakan hidup yang lainnya.

 

Bisa saja pakan hidup tersebut kurang higienis ketika kamu berikan untuk ikan cupang. Sehingga hal itu menyebabkan pencernaan ikan cupang menjadi terganggu. Akibatnya ekor ikan cupang menjadi kuncup dan lesu.

 

4.     Jamur

Ekor ikan cupang menjadi kuncup kemungkinan karena saling lengket. Hal itu bisa disebabkan adanya jamur yang terdapat pada area ekor dan sirip cupang.

 

5.     Sinar matahari

Jika cupang terlalu lama terpapar sinar matahari, maka hal itu bisa menjadi indikasi ekor ikan cupang akan kuncup atau keriting.

Cara mengatasi ekor ikan cupang yang kuncup

Betta lovers, kalian tak perlu risau jika ekor ikan cupang kesayanganmu menjadi kuncup atau tak mau mekar. Setelah kamu tau faktor penyebabnya, kita juga akan membahas mengenai cara mengatasinya antara lain yakni:

1.     Kuras akuarium secara rutin serta ganti airnya dengan air bersih.

2.     Pastikan air yang digunakan bebas dari klorin, jika memakai air PDAM maka endapkan dulu selama 2 hari.

3.     Tambahkan vitamin pada air kolam sebagai antibody agar ikan cupang tak gampang sakit.

4.     Kamu dapat menambahkan garam terlarut ke dalam akuarium yang berguna untuk menetralkan air serta membunuh bibit penyakit.

5.     Gunakan selembar daun ketapang kering untuk mengobati ekor ikan cupang yang kuncup.

6.     Saat memberikan pakan untuk ikan cupang, berikan dengan porsi yang tepat. Supaya mencegah sisa-sisa pakan bertebaran di dalam akuarium.

7.     Pastikan pasokan cahaya dalam akuarium cukup, hal itu berguna untuk membunuh bibi penyakit di dalam air.

8.     Berikan ikan cupang dengan pakan yang berbahan alami dan bebas bahan kimia, karena hal ini lebih ramah lingkungan.

9.     Pantau kesehatan cupang setelah diobati.

10.  Mengamati perkembangan cupang serta tahap kesembuhannya.

Demikian betta lovers, faktor-faktor yang menyebabkan kenapa ekor ikan cupang kuncup? Selain itu ulasan di atas juga telah menjelaskan cara mengatasinya dengan lengkap. Kamu bisa mencobanya di rumah ya dan semoga ekor ikan cupang kesayanganmu kembali mekar seperti sedia kala. Baca juga : Cara membedakan cupang jantan dan betina saat masih kecil.

Post a Comment for "Kenapa Ekor Ikan Cupang Kuncup? Berikut Penjelasan Dan Cara Mengatasinya!"