Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Salon Ekor Ikan Cupang Agar Bagus, Rapih Dan Mengembang

Cara Salon Ekor Ikan Cupang Agar Ekornya Bagus, Rapih Dan Mengembang - Halo sobat cupang sehat, gimana kabar ikan cupangnya? apakah ternaknya sudah berhasil? semoga berhasil ya, kalau belum mungkin sobat belum beruntung dan ada kesalahan yang sobat lakukan pada saat pemijahan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang salon ikan cupang. Apa itu salon ikan cupang? Salon ikan cupang adalah kegiatan yang bertujuan untuk mempercantik ekor dan sirip ikan cupang terutama untuk ikan cupang yang akan dipertandingkan di kontes. 

Cara Salon Ekor Ikan Cupang Agar Bagus, Rapih Dan Mengembang
instagram : cupanggaleri_jkt


Ikan cupang dengan ekor dan dorsal yang mengembang tentu menjadi dambaan kita semua bukan, namun dengan mengembang saja tidak cukup. Terkadang kita juga melihat kerapian bentuk ekor ikan cupang tersebut. Untuk itu diperlukannyalah menyalon ikan cupang. Untuk langkah-langkahnya sebenarnya susah-susah gampang, namun untuk sobat yang ingin belajar bisa simak tutorial lengkap tentang salon ikan cupang yang telah kami rangkum dibawah ini :


Tutorial Cara Salon Ikan Cupang

Alat-alat :

  • Es batu
  • Air
  • Ember
  • Air endapan daun ketapang
  • Korek kuping (Cottonbut)
  • Pisau/silet
  • Viber plastik

Langkah-langkah :

  1. Masukkan es batu kedalam ember yang berisi air, diamkan sejenak agar air menjadi dingin merata.
  2. Masukkan cupang yang akan disalon kedalam ember, hal ini bertujuan untuk membuat ikan cupang lemas dan pingsan untuk memudahkan proses penyalonan.
  3. Setelah ikan cupang pingsan angkat ikan cupang tersebut lalu segera letakkan di viber plastik untuk memulai proses penyalonan
  4. Amplas terlebih dahulu permukaan viber plastik agar tidak licin saat menyalon ikan.
  5. Gunakan korek kuping untuk melebarkan sirip atau ekor ikan cupang yang akan di salon, jangan dipaksa menggunakan tangan karena bisa robek.
  6. Potong secara perlahan dan hati-hati bagian yang menurut sobat tidak rapih dan bergerigi menggunakan silet.
  7. Potong dengan bentuk sesuai keinginan sobat.
  8. Kalau ikan cupang sudah terlihat sadarkan diri, masukkan kembali ikan cupang kedalam es.
  9. Setelah proses salon selesai masukkan ikan cupang kedalam air endapan daun ketapang yang sudah disediakan sebelumnya untuk menyeterilkan dan menyadarkan ikan cupang kembali.

Demikianlah artikel tentang cara salon ikan cupang agar ekornya bagus dan mengembang, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan sobat seputar ikan cupang. Selamat mencoba. Baca juga : 3 ciri-ciri ikan cupang betina siap kawin.

Post a Comment for "Cara Salon Ekor Ikan Cupang Agar Bagus, Rapih Dan Mengembang"