Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Ikan Cupang Plakat Dan Giant Yang Paling Terlihat

perbedaan ikan cupang plakat dan giant
Ig : bettaindonesia.idn

Perbedaan Ikan Cupang Plakat Dan Giant Yang Paling Terlihat
- Ikan cupang plakat dan giant sudah menjadi salah satu jenis cupang paling populer pada saat ini, mungkin hampir semua penghobi dan peternak sudah memilikinya karena memang akan terasa kurang kalau sobat mengaku pencinta ikan cupang namun tidak pernah memiliki ikan cupang plakat dan giant ini.

Tapi, pernah atau tidak sobat salah dalam menilai atau menyebut antara ikan cupang giant dan plakat? Saya rasa pasti pernah, karena saya sendiri dulu juga pernah mengalaminya. Yaitu menyebut ikan cupang plakat, padahal itu adalah jenis giant.

Jadi, agar sobat tidak salah lagi dalam penyebutan apalagi untuk sobat cupang yang masih pemula pada kesempatan kali ini blog cupang sehat akan memberikan tips cara membedakan ikan cupang plakat dan giant. dan sudah saya rangkum dibawah ini agar mudah sobat pahami :

ikan cupang giant
Ig : simplybettafish

Cara Membedakan Ikan Cupang Plakat Dan Giant

1. Ukuran

Yang pertama yang paling mudah membedakan plakat dan giant adalah dari segi ukuran. Jelas seperti namanya saja giant, yang artinya raksasa. Ukuran giant bisa berbanding 3 kali lipat dariikan cupang plakat biasa. Panjang body giant Indonesia rata-rata 5,5cm, standart IBC 6,5cm, bahkan giant Thailand pernah ada yang mengabarkan memiliki panjang 8cm. Cara mengukur body only yaitu dihitung dari ujung kepala sampai pangkal ekor. Biasanya ikan giant silangan tidak akan sampai ukuran 5,5cm sedangakn giant murni bahkan bisa sampai lebih dari segitu. 

2. Tulangan

Melihat ciri-ciri tulangan juga dapat berguna untuk sobat yang ingin melihat apakah ikan cupang sobat original/murni, silangan, atau geno giant. Karena tulangan pada ikan cupang giant itu sangat terlihat jelas mulai dari tulang atas, tulangan sirip body bawah, dan body tengah juga sangat terlihat sekali. Sedangkan untuk plakat, tulangan tidak terlalu terlihat. 

3. Form

Form dan bentuk badan giant lebih kokoh dan kekar sedangkan untuk plakat tidak. 

Demikianlah artikel tentang perbedaan ikan cupang plakat dan giant, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat serta menambah wawasan sobat seputar dunia ikan cupang. Baca juga : hal-hal  yang mempengaruhi perubahan warna ikan cupang.

Post a Comment for "Perbedaan Ikan Cupang Plakat Dan Giant Yang Paling Terlihat"