Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Sisik Nanas Pada Ikan Cupang Serta Cara Mengobatinya

penyebab sisik nanas pada ikan cupang serta cara mengobatinya

Penyebab Sisik Nanas Pada Ikan Cupang Serta Cara Mengobatinya - Halo sobat cupang, pada kesempatan kali ini blog cupang sehat akan membahas tentang salah satu penyakit ikan cupang yaitu sisik nanas atau dropsy. Pasti sobat yang sudah lama dalam bergelut dengan dunia percupangan sudah tidak asing lagi dengan penyakit ikan cupang satu ini kan, karena penyakit sisik nanas ini sudah sangat umum dan hampir semua peternak ikan cupang pernah mengalaminya.

Sisik nanas atau dropsy adalah salah satu penyakit ikan cupang yang paling mematikan, penyakit ini adalah salah satu penyebab kematian ikan cupang hias paling besar. Menurut yang saya baca, tingkat kematian ikan cupang karena penyakit ini ada di angka 80%.. Karena penyakit ini sangat mudah sekali menjangkit ikan cupang, walau kita sudah sebaik mungkin merawatnya kalau ada celah sedikit untuk penyakit ini masuk maka sudah tidak bisa dihindari. Berikut adalah penyebab, gejala, dan cara mengobati sisik nanas pada ikan cupang yang sudah blog cupang sehat rangkum dibawah ini :


Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati Penyakit Sisik Nanas Pada Ikan Cupang


Penyebab Sisik Nanas

Penyebab sisik nanas pada ikan cupang umumnya yang sering terjadi itu karena makanan yang tidak steril, contohnya seperti kutu air dan cacing sutra. Hal itu karena kutu air dan cacing sutra hidup di comberan atau parit, dan saat sobat memberi makan ikan cupang tersebut, ikan cupang tersebut bisa terkena sisik nanas karena bakteri jahat yang masih ada dimakanan tadi. Jadi cara agar ikan cupang terhindar dari penyakit sisik nanas adalah dengan selalu mencuci terlebih dahulu cuk atau cacing sutra yang baru saja sobat cari, lalu sterilkan sampai sudah tidak terlihat kotor lagi.

Penyebab lain adalah karena air yang kotor dan jarang mengganti air. Air yang kotor menyebabkan bakteri dapat bertahan berhari-hari bahkan berminggu-minggu, lalu termakan oleh ikan cupang dan jadilah ikan cupang terserang sisik nanas.

Gejala Dan Ciri-ciri Sisik Nanas

  1. Ikan cupang menjadi malas bergerak
  2. Tidak mau ngedok untuk yang pejantan
  3. Perut kembung besar
  4. Sisik yang keluar dan terlihat terbalik seperti buah nanas.
  5. Warna pucat
  6. Ikan tidak bisa buang air besar

Cara Mengobati Sisik Nanas

Walaupun tingkat kesembuhannya rendah, tapi apa salahnya untuk dicoba siapa tau sobat beruntung. Berikut adalah cara mengobatinya : 

1. Sediakan air yang sudah direndam daun ketapang sampai warnanya benar-benar pekat. Lebih baik kalau daun ketapang diolah terlebih dahulu. Caranya baca disini : Cara pengolahan daun ketapang
2. Masukkan garam ikan sedikit saja, kurang lebih 1/5 sendok makan. Lalu aduk sampai larut.
3. Masukkan obat biru atau methylene blue sekitar 4 tetes saja, aduk sampai larut.
4. Selanjutnya masukkan ikan cupang yang sakit.
5. Ganti air 2 hari sekali
6. Beri makan 2 hari sekali saja setelah mengganti air, dan jangan terlalu banayak. Itu karena ikan cupang yang terserang penyakit ini tidak bisa buang air besar. Jadi cara ini agar ikan cupang puasa dan bisa buang kotorannya.

Kalau sobat beruntung ikan cupang sobat akan terlihat buang air besar, kalau tidak beruntung ya sobat harus merelakannya.

Demikianlah artikel tentang penyebab sisik nanas pada ikan cupang serta cara mengobatinya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Baca juga : cara menetaskan telur artemia

Post a Comment for "Penyebab Sisik Nanas Pada Ikan Cupang Serta Cara Mengobatinya"