Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Sebelum Memulai Pemijahan Ikan Cupang

Beberapa Persiapan Yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Ternak Ikan Cupang


Beberapa Persiapan Yang Harus Disiapkan Sebelum Memulai Memijahkan/Mengawinkan Ikan Cupang -  Halo sobat cupang, gimana kabarnya? Saya doakan sobat-sobat cupang sekalian sehat selalu beserta ikan cupangnya ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang beberapa persiapan sebelum memulai ternak ikan cupang agar berhasil.

Beberapa orang pemula pastilah akan kesulitan saat pertama kali memulai beternak ikan cupang. Itu wajar karena semua orang pernah merasakan kegagalan pada saat ingin memulai sesuatu untuk pertama kalinya, bahkan yang sudah mahirpun terkadang masih gagal apalagi yang baru pertama kali.

Baiklah langsung saja berikut adalah beberapa persiapan sebelum memulai ternak ikan cupang agar berhasil :


Persiapan Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Ternak Ikan Cupang

1. Air Yang Berkualitas Bagus

Usahakan dalam pemijahan ikan cupang, sobat menggunakan air yang bagus dan nyaman untuk si ikan cupang tersebut. Pastikan air tersebut tidak kotor atau tidak ada kotoran yang tercampur dan juga air tersebut berada di suhu pH yang normal yaitu di suhu pH 7 agar air tersebut nyaman untuk ikan cupang sobat.

Nah cara agar mendapatkan air berkualitas bagus seperti diatas adalah dengan cara mendiamkan air terlebih dahulu selama satu hari sebelum dilakukan pemijahan, dan juga jangan lupa untuk meletakkan daun ketapang di air tersebut hingga warna air ke kuning-kuningan.

2. Kualitas Dan Kematangan Induk Jantan Dan Betina


Kematangan induk jantan dan betina adalah salah satu hal terpenting agar pemijahan berhasil, sebelum perkawinan di mulai pastikan bibit, bebet, dan bobot kedua mempelai sudah bagus dan berkualitas. Caranya yaitu pilih indukan yang sehat dan tidak sedang sakit, tidak cacat, mempunyai sirip yang bagus, memiliki warna yang bagus, memiliki bentuk tubuh yang bagus, dan yang terpenting adalah pastikan indukan jantan dan betina sudah berumur 6 bulan atau lebih agar hasil anakanya juga bagus dan berkualitas.

Khusus untuk induk betina yang sudah siap kawin, yaitu perutnya membuncit kesamping bukan kebawah. Perut membuncit kesamping menandakan bahwa perut ikan cupang betina tersebut sudah dipenuhi banyak telur.

3. Ukuran Indukan Jantan Dan Betina


Selain kualitas dan kematangan indukan jantan dan betina hal lain yang harus sobat cupang perhatikan itu adalah ukuran dari indukan ikan cupang jantan dan betina tersebut.

Sebagai contoh jika ukuran ikan cupang jantan sangat besar sedangkan ukuran ikan cupang betina kecil, kemungkinan besar pemijahan ikan cupang tersebut akan gagal karena ikan cupang betina yang ukurannya sangat kecil takut saat bertemu ikan cupang jantan yang ukurannya sangat besar tersebut.

Dan sebaliknya jika ukuran betina lebih besar jauh dari ukuran jantan, maka yang akan terjadi pemijahan tersebut akan gagal karena ikan cupang jantan yang takut.
Jadi usahakan kedua indukan yang akan dilakukan pemijahan tersebut memiliki ukuran yang sama ataupun berbeda sedikit, dan pastikan ukuran jantan yang lebih besar dari betina tetapi tidak terlalu besar jadi indukan betina tersebut tidak menjadi takut pada saat disatukan.

Itulah pembahasan tentang beberapa persiapan sebelum memulai ternak ikan cupang agar berhasil, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat membantu sobat cupang yang baru belajar untuk memijahkan ikan cupang. Terima kasih. Baca juga : ikan cupang giant terbesar dan terpanjang di dunia

Post a Comment for "Persiapan Sebelum Memulai Pemijahan Ikan Cupang"