Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengulas Ikan Cupang Dumbo Ear (Kuping Gajah) Jenis Halfmoon Dan Plakat Beserta Harganya

Halfmoon Dumbo Ear Rosetail
Image by pesona dumbo ear Indonesia

Cupang Sehat - Halo sobat cupang, gimana kabarnya? Baik kan? Saya doakan selalu sobat semua baik baik saja agar tetap bisa merawat ikan cupang sobat semua. Oke kali ini Cupang Sehat akan memberikan informasi seputar ikan cupang dumbo ear, udah ada yang tau belum sama si kuping gajah satu ini? Kalau belum tidak salah sobat cupang masuk ke artikel ini. Karena minimnya referensi tentang ikan cupang halfmoon dumbo ear atau plakat dumbo ear, jadi saya hanya menjelaskan menurut pengetahuan saya yang sangat minim ini saja ya sobat, karena saya juga penghobi cupang biasa.

Sejarah Ikan Cupang Dumbo Ear

Seperti yang saya katakan di atas bahwa ikan cupang yang satu ini sangat minim referensi yang valid yang saya temukan, seperti siapa penemunya, dimana negara penemunya, dan hasil dari kawin silang apa? Saya belum mendapatkan artikel yang benar benar valid. Tapi menurut riset yang telah saya lakukan, dengan saya bertanya ke berbagai peternak cupang yang sudah berpengalaman bergelut di dunia percupangan yaitu kalau sebenarnya ikan cupang halfmoon dumbo ear ini adalah hasil kelainan genetik yang menyebabkan sirip perut si cupang menjadi lebih besar menyerupai sirip ekor mereka, karena kelainan genetik ini bisa dibilang unik dan memperindah bentuk ikan cupang tersebut membuat si penemu bereksperimen lagi dengan cara mengawinkannya agar menghasilkan strain ikan cupang terbaru dan unik seperti sekarang ini.

Big Ear Adalah Mutasi Sebelum Menjadi Dumbo Ear

Sebelum menjadi dumbo ear, ikan cupang big ear lah yang bisa dibilang bibit atau cikal bakal dari dumbo ear. Dumbo ear adalah hasil mutasi dari ikan cupang big ear yang dikawinkan dengan sesama ikan cupang big ear. Hasil peranakan dari kawin sesama big ear akan menghasilkan anakan yang memiliki kuping yang lebih besar dari indukan, semakin sering ikan cupang big ear dikawinkan dengan sesama big ear maka kuping atau sirip anakannya akan semakin besar. Lalu anakannya dikawinkan lagi, lagi dan lagi sehingga jadi lah sekarang ikan cupang yang dinamakan dumbo ear.

Kawin Silang Dumbo Ear Dengan Cupang Yang Bukan Dumbo Ear

Beberapa peternak pemula mungkin berfikir ingin menciptakan strain baru dengan mengawin silangkan ikan cupang jenis dumbo ini dengan ikan cupang jenis biasa atau yang bukan dumbo ear agar hasil anakannya akan menciptakan ikan cupang jenis baru seperti contoh : emerald dumbo ear,  koi dumbo ear, giant dumbo ear, dll. Ya tidak salah memang berandai andai, karena sebelumnya saya juga ingin mencoba mengawinkan ikan cupang jenis dumbo ini dengan ikan cupang jenis lain. 

Tapi tau tidak sobat kalau hal itu bisa dibilang sangat sulit karena perbandingannya sangat kecil sekali untuk berhasil bahkan bagi seorang peternak handal sekalipun. Karena sobat harus mempelajari sifat gen di masing-masing jenis ikan cupang tersebut, setiap ikan cupang memiliki sifat gen yang terbagi menjadi 3 yaitu dominan, semi dominan, dan resesif. Singkatnya sifat gen dominan yaitu jika di kawinkan dengan dominan, semi dominan, ataupun resesif hasilnya tetap akan menjadi dominan. Sementara semi dominan jika dikawinkan dengan dominan akan menghasilkan sedikit kemungkinan sifat ke dua di antaranya dan akan lebih banyak yang dominan karena sifat gen dominan adalah yang terkuat. Di lain artikel nanti saya akan jelaskan lebih rinci tentang sifat genetik ikan cupang.

Jadi apakah sifat gen yang dimiliki oleh ikan cupang dumbo ear? Ikan cupang dumbo ear dan juga big ear memiliki sifat gen resesif dan ada yang sedikit mutasi menjadi semi dominan, jadi jika dikawin silang dengan gen dominan bisa dipastikan hasilnya akan menjadi gen dominan. Kesimpulannya jika sobat ingin menghasilkan anakan ikan cupang dumbo ear haruslah dikawinkan dengan sesama dumbo ear, jika ingin menghasilkan anakan plakat koi haruslah dikawinkan dengan sesama plakat koi, jika ingin menghasilkan anakan giant fancy atau giant koi haruslah dikawin dengan sesama giant fancy/koi, dan begitu seterusnya. saya harap sobat sudah paham disini ya, oke lanjut

Halfmoon Dumbo Ear Dan Plakat Dumbo Ear

Saat ini sudah ada 2 jenis ikan cupang dumbo ear yang saya tau, yaitu jenis halfmoon dumbo ear rosetail dan plakat dumbo ear. Saya juga belum tau ikan cupang ini hasil kawin silang apa atau kemungkinan ini adalah hasil kawin silang yang berhasil dengan tingkat kemungkinan yang kecil yang saya jelaskan diatas, yang pasti ini adalah anugerah yang diberikan tuhan dengan menciptakan ikan cupang jenis baru yang menghibur kita sebagai penghobi ataupun peternak ikan cupang.

Harga Ikan Cupang Dumbo Ear di Indonesia

Untuk harga ikan cupang dumbo ear saat ini ada dikisaran 60.000 sampai 400.000 tergantung kualitas cupang dan juga harga yang ingin diberikan peternak atau penjual itu sendiri di lihat dari kesehatan, form, keseimbangan ear, sirip dan lain lain.

Gambar Gambar Ikan Cupang Dumbo Ear

1. Gambar Plakat Dumbo Ear

Berikut adalah gambar gambar ikan cupang halfmoon dumbo ear dan plakat dumbo ear yang saya miliki dan juga yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

Plakat Dumbo Ear

Plakat Dumbo Ear Gold

Ikan Cupang Plakat Dumbo Ear

2. Gambar Halfmoon Dumbo Ear


Sepasang halfmoon dumbo ear

Halfmoon Dumbo Ear

Cupang Halfmoon Dumbo Ear

Ikan cupang halfmoon dumbo ear


Oke sobat mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang ikan cupang yang memiliki sirip yang indah satu ini, semoga dengan penjelasan artikel ini ikan cupang dumbo ear di Indonesia bisa lebih dipertimbangkan untuk menjadi sahabat dan peliharaan baru untuk para penghobi ikan cupang di Indonesia.

Demikianlah artikel tentang Mengulas Ikan Cupang Dumbo Ear (Kuping Gajah) Jenis Halfmoon Dan Plakat Beserta Harganya, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Baca juga : Cara mempercepat mutasi ikan cupang

2 comments for "Mengulas Ikan Cupang Dumbo Ear (Kuping Gajah) Jenis Halfmoon Dan Plakat Beserta Harganya"